Dorong Perkuat Inovasi, Sekretariat Jenderal DPD RI Gelar Innovation Festival 2023

Kamis, 02 Maret 2023 – 17:03 WIB
Plh Sekretaris Jenderal DPD RI Lalu Niqman Zahir saat membuka Innovation Festival 2023, Kamis (2/3). Foto: Dokumentasi Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Sekretariat Jenderal DPR RI menggelar 'Innovation Festival 2023' yang berlangsung selama dua hari ini, mulai 2-3 Maret.

Kegiatan tersebut merupakan pameran layanan unggulan dari unit-unit eselon II Setjen DPD.

BACA JUGA: Lolos Verifikasi Faktual Calon Anggota DPD Dapil Jatim, Begini Komentar LaNyalla

Plh Sekretaris Jenderal DPD Lalu Niqman Zahir saat membuka Innovation Festival 2023 berharap kegiatan ini menjadi momentum penting untuk merayakan inovasi yang telah dicapai sekaligus memperkuat komitmen untuk terus mendorong inovasi di masa depan.

“Sebagai bagian dari lembaga legislatif, kami sadar bahwa tantangan yang dihadapi oleh Indonesia sangatlah kompleks. Untuk itu, memerlukan solusi inovatif dari berbagai pihak,” kata Lalu Niqman Zahir, Kamis (2/3).

BACA JUGA: Sultan DPD Minta Pemda Mewaspadai Dampak Ancaman La Nina Bagi Petani, Begini Sarannya

Setjen DPD uga telah menyelenggarakan pencanangan transformasi digital pada 2021.

Sejak pencanangan tersebut, berbagai inovasi digital terus digalakkan.

“Kami percaya inovasi adalah kunci untuk mencapai kemajuan. Inovasi memungkinkan kita untuk menciptakan hal-hal baru, memperbaiki yang sudah ada, dan mengatasi tantangan yang kita hadapi,” tegasnya.

Setjen DPD sebagai supporting system memiliki tanggung jawab untuk mendorong inovasi di seluruh aspek kegiatan.

Mulai dari cara pengelolaan administrasi dan data, hingga cara melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat.

“Kami perlu terus mencari cara-cara baru dan lebih efektif untuk meningkatkan kinerja,” ujar Lalu Niqman Zahir.

Dia menilai Innovation Festival 2023 merupakan wadah yang tepat bagi unit kerja untuk berkolaborasi dan saling berbagi ide, serta pengalaman dalam menciptakan solusi yang inovatif dan berkelanjutan.

“Dalam acara ini, kami akan berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan menunjukkan karya-karya inovatif yang telah dihasilkan,” imbuhnya.

Kepala Biro Organisasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjen DPD Fitriani menambahkan Innovation Festival juga dilakukan secara hybrid dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai, baik di pusat maupun seluruh kantor DPD di provinsi.

“Kegiatan ini merupakan pameran layanan unggulan dari unit-unit eselon II Setjen DPD RI dan merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan dengan format pameran seperti ini,” terang Fitriani.

Fitriani menyampaikan tujuan penyelenggaraan Innovation Festival adalah memperkenalkan hasil kinerja dan layanan dari masing-masing unit eselon II kepada seluruh pegawai Setjen DPD dan stakeholders.

Acara ini juga sebagai ajang peningkatan budaya kerja dalam rangka memacu semangat seluruh unit eselon II untuk saling berbaur dan berkolaborasi.

Innovation Festival 2023 terdiri dari beberapa rangkaian acara, seperti talkshow dan diskusi.

"Ada juga acara pameran inovasi atau layanan unggulan yang diikuti oleh sebelas unit eselon II Setjen DPD,” sebutnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler