Dorong TNI Punya Satelit Sendiri

Kamis, 22 Agustus 2013 – 20:46 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengingatkan risiko menyewa satelit untuk kebutuhan pertahanan negara. Sebab, penyewaan satelit bisa berdampak pada pencurian data. Karena itu, semua pihak hendaknya mendukung rencana pengadaan satelit khusus untuk keperluan pertahanan.

"Fraksi Partai Golkar dan saya yakin juga Komisi I DPR mendukung wacana pengadaan satelit khusus untuk keperluan pertahanan yang dikelola militer," kata Agus di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (22/8).

BACA JUGA: Jaksa Berupaya Hadirkan Ridwan Hakim

Selama ini, lanjutnya, satelit yang digunakan untuk kebutuhan pertahanan negara masih status sewa. Karenanya, hal itu rentan dari segi keamanan dan rawan pencurian data oleh pihak-yang tidak bertanggung jawab.

"Akan lebih baik lagi jika pengadaan satelit tersebut bersumber dari dalam negeri sendiri. Dari sisi keamanannya, akan lebih dipercaya ketimbang membeli satelit dari negara lain," harapnya.

BACA JUGA: Ditanya Soal Hutang Hilmi, Elda Sesak Nafas

Untuk merealisisasikannya, lanjut Agus, sebenarnya tidaklah terlalu rumit karena anak bangsa sendiri sudah mampu membuat satelit dengan kualitas standar internasional. "Dari sisi anggaran, secara teknis relatif tidak ada masalah karena alokasi anggaran Kementerian Pertahanan para RAPBN 2014 ini mencapai lebih 83 triliun rupiah, di luar dana tambahan," imbuhnya.(fas/jpnn)

BACA JUGA: Saksi Kasus Korupsi UI Dijemput Paksa

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Tetapkan 6.608 Nama di DCT


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler