Dorong UMKM Naik Kelas, Bea Cukai Beri Asistensi Lewat Coaching Clinic

Jumat, 19 Juli 2024 – 14:56 WIB
Kanwil Bea Cukai Jatim I turut hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi kepada UMKM bertajuk 'BNI Eksporters Forum (BEF)' pada Jumat (12/7). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JEMBER - Bea Cukai memberikan perhatian serius dalam mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Melalui unit vertikalnya, yakni Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Timur (Jatim) I dan Bea Cukai Jember berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan dan sivitas akademika untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM.

BACA JUGA: 96 Ton Jagung Pipil Tak Layak Guna Dimusnahkan Bea Cukai Tanjung Perak

Bea Cukai Jember berkolaborasi dengan Universitas Jember, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember serta Kadin Jember menggelar kegiatan Coaching Clinic UMKM pada KAmis (4/7).

Melalui kegiatan tersebut, Bea Cukai memberikan asistensi ekspor bagi pelaku UMKM di wilayah Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

BACA JUGA: Bea Cukai & Kejari Musnahkan Miras, Rokok Ilegal hingga Obat Terlarang di Probolinggo

Di Surabaya, Kanwil Bea Cukai Jatim I turut hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi kepada UMKM bertajuk 'BNI Eksporters Forum (BEF)' pada Jumat (12/7).

Pada kegiatan yang diselenggarakan PT BNI Indonesia itu, Bea Cukai hadir menyampaikan pemaparan mengenai penataan ekosistem logistik nasional, yaitu efisiensi dan simplifikasi layanan pemerintah dalam mendukung kegiatan berusaha.

BACA JUGA: 4,3 Ton Pakaian Bekas Ilegal Dimusnahkan, Bea Cukai Tanjung Perak Sampaikan Penegasan

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan UMKM di wilayah Jawa Timur ini memiliki potensi ekspor yang cukup tinggi.

Sayangnya, masih banyak para pelaku UMKM yang belum mengerti mengenai tata laksana ekspor dan kualitas produk yang belum layak ekspor.

“Hadirnya Bea Cukai bersama sejumlah stakeholder (pemangku kepentingan) berupaya untuk meningkatkan pengetahuan mengenai tata laksana ekspor sehingga UMKM dapat naik kelas,” ujar Encep.

UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian daerah dan menjamin kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Bea Cukai sebagai instansi kepabeanan yang mengemban fungsi sebagai industrial assistance dan trade facilitator turut mendukung kegiatan UMKM, khususnya UMKM yang berorientasi ekspor.

KBea Cukai meyakini dengan meningkatnya ekspor berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Encep menegaskan sinergi antarinstansi menjadi kunci penting upaya mendukung pemberdayaan UMKM.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mendorong UMKM untuk naik kelas,” ujar Encep. (mrk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler