DPR Apresiasi Prestasi Kemendes PDTT Raih WTP 5 Kali Berturut-turut

Selasa, 30 Mei 2023 – 20:44 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi V DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Komisi V DPR RI mengapresiasi kinerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) atas pencapaian opini wajar tanpa syarat (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR Ridwan Bae saat membacakan hasil kesimpulan rapat kerja dengan Kemendes PDTT, Selasa (30/5).

BACA JUGA: DPR Dorong Kemendes PDTT Matangkan Konsep Transmigrasi Transpolitan

“Komisi V DPR RI apresiasi Kemendes PDTT atas capaian opini Wajar Tanpa Syarat Semester I Tahun 2022,” kata Ridwan Bae.

Ridwan Bae menegaskan Komisi V DPR juga akan memperjuangkan kenaikan anggaran untuk program-prioritas nasional yang berbasis masyarakat

BACA JUGA: Mendes Gus Halim Dorong Rasio Jumlah PLD dan Desa Agar Seimbang, Ini Alasannya

“Komisi V DPR RI bersama Kemendes PDTT akan memperjuangkan peningkatan anggaran untuk membiayai program-program yang menjadi prioritas nasional dan program berbasis masyarakat,” sebutnya.

Selanjutnya, Ridwan Bae juga mengingatkan Kemendes PDTT agar segera menindaklanjuti seluruh rekomendasi BPK sekaligus mengambil langkah-langkah preventif agar beberapa temuan masa lampau tidak terulang kembali.

Setidaknya, berdasarkan laporan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, ada 34 rekomendasi dan 10 yang sempat menjadi temuan BPK.

Namun, hal itu mayoritas telah berhasil diselesaikan berdasarkan arahan pihak BPK.

Selain itu, Komisi V DPR juga meminta Kemendes PDTT agar meningkatkan capaian serapan APBN 2023 yang hingga Mei baru menyentuh 28,80 persen dan realisasi fisik mencapai 30,20 persen.

Diketahui, pagu kebutuhan Rp 4,7 triliun dengan pagu indikatif hanya Rp 2,7 triliun juga menjadi sorotan para anggota Komisi V DPR, karena masih ada selisih senilai Rp 1,9 triliun.

Sementara itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Komisi V DPR yang selama ini dinilai mendukung kerja-kerja kementerian yang dipimpinnya.

“Sehingga kinerja kami terus terkontrol dan itu menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk semakin meningkatkan prestasi kinerja,” kata menteri yang akrab disapa Gus Halim itu.

Sekadar informasi, Kemendes PDTT hingga saat ini tercatat berhasil meraih opini WTP sebanyak lima kali berturut-turut dari BPK sehingga mendapat apresiasi dari Komisi V DPR. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler