DPR Matangkan Ide Pemindahan Ibukota

Jumat, 15 Oktober 2010 – 19:44 WIB

JAKARTA -- Wacana pemindahan Ibukota Jakarta terus bergulirAnggota DPR RI Romahurmuziy menyatakan, pemindahan Ibukota dari Jakarta memang sebuah keharusan apabila melihat daya dukung Jakarta sekarang ini.

“Pertama, kita sama-sama membaca bahwa permukaan tanah tercatat mengalami penurunan antara 2-6 centimeter,” katanya (15/10)

BACA JUGA: Anggap Islah PKB Sudah Tuntas

Lalu, faktor kepadatan penduduk dan faktor ekologis seperti kerap terjadinya banjir membuat Ibukota layak dikaji untuk dipindahkan dari Jakarta
Wakil Sekretaris Jenderal PPP itu juga menyebutkan saat ini pihak Dewan masih terus mematangkan ide pemindahan Ibukota Jakarta.

“Kita masih menginventarisasi mana yang paling masuk akal,” katanya

BACA JUGA: Timwas Century Akan ke Swiss

Romi sendiri membayangkan konsep ibukota Indonesia menjadi terpisah seperti Kualalumpur dengan Putera Jaya di Malaysia
Secara konseptual menurut Romi, yang paling mungkin adalah memindahkan pusat pemerintahan

BACA JUGA: PD-Golkar Naik, PPP-PKB Anjlok

“Atau membangun pusat industri yang baru,” kata Romi.

Dikatakan, proses inventerisasi dan pematangan ide tersebut diharapkan dapat selesai sebelum 2014Lalu, jika hal tersebut berjalan mulus, menurutnya dalam jangka waktu 10 tahun kedepan barulah proses pemindahan ibukota tersebut dapat diwujudkan.

Sebelumnya, sejumlah politisi muda lintaas fraksi Senayan memang berancang-ancang membentuk Kaukus untuk membidani lahirnya RUU yang akan mengatur pemindahan IbukotaBeberapa nama yang disebut mendukung rencana tersebut antar lain Teguh Juwarno, Akbar Faisal, Romahurmuziy, Saan Mustopa dan Budiman Sudjatmiko(wdi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Bentuk Panja Bahan Pengawet


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler