DPR: SBY Harusnya Temui Pemerintah Arab Saudi

Rabu, 13 November 2013 – 14:40 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning mengkritisi sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam menyikapi pemulangan puluhan ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Over Stay (melebihi izin tinggal) di Arab Saudi.

Menurutnya, bila Presiden peduli dengan nasib TKI di Arab Saudi, seharusnya SBY menunjukkan aksinya, bukan hanya berkoar menyatakan TKI sebagai pahlawan devisa.

BACA JUGA: Sutan Ogah Tanggapi Surat Kaleng Pegawai KPK untuk Anas

"Kalau dia memang pemimpin pasti akan memperjuangkan nasib TKI kita yang overstay di Arab Saudi. Bukan hanya bermimpi-mimpi dengan selalu bilang TKI pahlawan devisa," kata Ribka Tjiptaning saat dihubungi, Rabu (13/11).

Politikus asal PDI Perjuangan itu menegaskan SBY seharusnya bertemu pemerintah Arab Saudi, dan memperjuangkan nasib TKI di sana, seperti yang dilakukan dulu Presiden Gus Dur.

BACA JUGA: Kapolri Usul Revisi UU Narkoba

"Gus Dur walau memperjuangkan satu TKI, namun Gus Dur begitu memperjuangkannya. Nah itu kan ribuan nasib TKI kita di sana yang over stay malah terancam dipulangkan," tegasnya.

Ditambahkannya, rapat-rapat menyangkut TKI di DPR RI yang dilakukan selama ini dianggapnya sia-sia karena Presiden tidak melakukan aksinya menyelamatkan TKI di Arab Saudi.

BACA JUGA: KPU Bantah Kunjungan ke 10 Negara Pemborosan

"Kita ini kan bagaimana pemimpinnya. Kalau kita sudah berusaha semaksimal mungkin, namun kan penyelesaiannya terakhir itu ada di presiden. Makanya saya bilang SBY apakah hanya jadi pemimpin atau pemimpi," tuntas Ribka. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Surat Kaleng Pegawai KPK untuk Anas Dinilai Hoax


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler