DPRD Targetkan RPJMD Kota Bogor Rampung di 2024

Selasa, 31 Januari 2023 – 21:34 WIB
DPRD Targetkan RPJMD Kota Bogor Rampung di 2024. Foto: Humas DPRD Kota Bogor

jpnn.com, KOTA BOGOR - DPRD Kota Bogor mengawal berlangsungnya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Hal itu untuk memastikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bogor 2019 - 2024 terpenuhi.

BACA JUGA: Jika Jabatan Gubernur Dihapus, DPRD Provinsi Juga Hilang

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengungkapkan pentingnya pembangunan wilayah yang ditunjang dengan kualitas sumber daya mansia (SDM) dan perekonomian warga.

Hal tersebut sejalan dengan program yang sudah ditetapkan dalam RPJMD Kota Bogor dengan visi Kota Bogor Ramah Keluarga yang terdiri dari program Kota Bogor Sehat, Kota Bogor Cerdas, dan Kota Bogor Sejahtera.

BACA JUGA: Sekretariat DPRD Kota Bogor Musnahkan Ribuan Arsip Lama

"Mayoritas usulan musrenbang didominasi oleh pengajuan infrastruktur fisik. Ini penting dan dibutuhkan warga," kata Atang dalam keterangannya, Selasa (31/1).

Namun, lanjut Atang, pembangunan SDM, menumbuhkan ekonomi, UMKM tidak dilupakan karena sama pentingnya dan harus dialokasikan.

BACA JUGA: DPRD Kota Bogor Kirim Makanan Bernutrisi untuk Korban Gempa Cianjur

Pengembangan SDM, kata Atang, diperlukan program penguatan sektor pendidikan maupun pengembangan kapasitas di wilayah.

"Pendidikan, sarana pendidikan, pelatihan, pengembangan kapasitas diri melalui program informal wilayah dibutuhkan untuk akselerasi SDM di masa depan," tuturnya.

Atang juga menyampaikan usulan peningkatan insentif untuk petugas ujung tombak di wilayah, seperti petugas RT, RW, LPM, kader Posyandu, Posbindu, dan sebagainya.

"Sudah hampir enam tahun ini mereka belum naik insentifnya. Jadi, di RAPBD 2024, perlu apresiasi untuk mereka," bebernya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler