Dr Salim Bersilaturahmi dengan Ulama Karismatik Ahlussunnah Wal Jamaah Kota Makkah

Sabtu, 16 April 2022 – 09:00 WIB
Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri bersilaturahmi dengan ulama karismatik ahlussunnah wal jamaah Kota Makkah Sayyid Ahmad bin Muhammad Alawi Al-Maliki. Foto: Source for JPNN.com 

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri  bersilaturahmi dengan tokoh ulama karismatik ahlussunnah wal jamaah Kota Makkah Sayyid Ahmad bin Muhammad Alawi Al-Maliki di Hay Al Rashifah, pinggiran Kota Mina, Arab Saudi, Kamis (14/4) malam.

Silaturahmi itu dilakukan Dr Salim bersama rombongan DPP PKS, seperti Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Bendahara Umum PKS Mahfudz Abdurrahman, dan Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini di sela-sela menunaikan ibadah umrah.

BACA JUGA: Dari Tanah Suci, Dr Salim Berdoa untuk Keselamatan Bangsa dan Negara

Dr Salim disambut hangat oleh Sayyid Ahmad bin Alawi Al-Maliki dan para murid serta jemaahnya. 

Sayyid Ahmad ialah putra dari ulama besar Timur Tengah, pengajar di Masjidil Haram, serta rujukan dan guru bagi para ulama Indonesia, yaitu Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani rahimahullah (wafat 2004).

BACA JUGA: Habib Salim PKS Ungkap 4 Pelajaran Penting dari Sosok M. Natsir

Dr. Salim dan rombongan hadir di kediaman Sayyid Ahmad yang dibangun oleh Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki yang dapat menampung ratusan santri setiap hari.

Kehadiran Dr. Salim bertepatan dengan kajian rutin Sayyid Ahmad bersama para santrinya dari berbagai negara termasuk  Indonesia, membahas Kitab  Al-Zakhaa'ir Al-Muhammadiyah karangan Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki. 

BACA JUGA: Korban Begal jadi Tersangka, Habib Aboe Minta Kapolri Jenderal Listyo Bertindak Cepat

Dalam kajiannya, Sayyid Ahmad bin Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki di antaranya memotivasi jemaah untuk senantiasa mensyukuri nikmat keislaman, menjadi umatnya Nabi Muhammad SAW, serta selalu istikamah dalam majelis ilmu. 

Sebab, menurut Sayyid Ahmad, majelis ilmu ini adalah laksana suasana surgawi yang Allah hadirkan di dunia agar umat Islam merasakan sebagian kecil nikmatnya surga. 

Dr Salim dan rombongan DPP PKS bersama ratusan santri yang hadir malam itu mendengarkan dengan khidmat buliran ilmu dari kitab Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki melalui wasilah lisan Sayyid Ahmad. Lalu, Sayyid Ahmad meminta Dr Salim untuk memberikan tausiah kepada para jemaah yang hadir. 

Dalam tausiahnya, Dr Salim mengajak jemaah untuk senantiasa istikamah melaksanakan perintah Allah SWT dan menguatkan mahabbah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan keturunannya. 

Duta Besar RI Untuk Saudi Arabia dan Kesultanan Oman 2005-2009 ini juga menekankan pentingnya untuk selalu berjemaah dan menghidupkan majelis ilmu seperti Majelis Sayyid Ahmad bin Muhammad Alawi Al-Maliki tersebut.

"Dengan demikian makin kuat silaturahmi dan khidmat kepada umat," kata Dr Salim dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (16/4). (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler