Dua Calon Pejabat Obama Mundur, Akibat Terlibat Skandal Pajak

Kamis, 05 Februari 2009 – 06:06 WIB
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali tersandung batu ujianKetika rencana pemulihan ekonomi senilai USD 800 miliar plus stimulus ekonomi masih terkatung-katung di meja kongres, kini Obama harus dihadapkan pada masalah etika politik.

Dua kandidat pejabat dalam struktur pemerintahannya, yakni Tom Daschle selaku calon menteri kesehatan dan layanan publik serta pejabat pengawas reformasi anggaran dan belanja negara Nancy Killefer, harus mundur dari pencalonan akibat skandal pajak

BACA JUGA: Mesir Tutup Rafah, 15 WNI Dikhawatirkan Terjebak

Obama mengaku teledor dan segera berusaha mencari pengganti yang pas
"Saya teledor

BACA JUGA: Skotlandia-Wales Juga Terancam Badai Salju

Saya akan bertanggung jawab dan kita memperbaikinya hingga hal seperti itu tak terjadi lagi," kata Obama seperti dilansir CNN.

Daschle yang mantan petinggi Partai Demokrat di Senat AS itu sejatinya disebut banyak pihak sebagai kandidat paling pas untuk jabatan menteri kesehatan dan pelayanan publik
Sebagai penulis buku tentang reformasi kesehatan, dia dianggap tahu betul soal kebijakan terbaik untuk mewujudkan janji kampanye Obama memperbaiki layanan kesehatan.

Berbekal pengalaman dan pengaruh di senat, Daschle piawai memuluskan rancangan undang-undang tak populis agar disetujui kongres

BACA JUGA: Skandal Ikan Busuk Guncang Kabinet Abhisit

Namun, akibat tak patuh pada pembayaran pajak, pengangkatan Daschle malah menuai kritik.

"Saya tak ingin mengirim pesan bernada standar ganda kepada rakyat Amerika, satu untuk mereka yang mempunyai kekuatan, satu lagi buat orang biasa yang bekerja setiap hari dan setia membayar pajak," lanjut Obama.

Daschle dilaporkan tidak membayar pajak senilai USD 128 ribuJumlah itu merupakan total dari kepemilikan mobil pribadi dan sopir yang disediakan oleh perusahaan kliennyaPemasukan dana amal sebesar USD 15 ribu dan uang USD 80 ribu dari hasil lobi juga termasuk dalam pajak yang tak dibayar tersebut.

Daschle mengaku pada 2006 dan 2007 telah membayar lebih dari USD 140 ribu pajak berikut bunganyaNamun, dia tetap dinyatakan bersalah karena tidak membayar pajak tahun-tahun setelahnya.

Pernyataan mundurnya Daschle hanya selang beberapa jam dari pengunduran diri KilleferDia juga mengaku bermasalah dengan pajakDia pun mundur dengan alasan tak mau membebani pemerintahan Obama dengan skandal memalukanKillefer tak membayar pajak untuk rumahnya senilai USD 946.69.

Daschle dijadwalkan bakal menjalani ujian kepatutan dan kelayakan di depan Senat Amerika Serikat Senin depan (9/2)Sebelumnya, Gubernur New Mexico Bill Richardson juga mundur dari posisi kandidat menteri perdagangan karena dituduh memuluskan kontrak perusahaan yang mendanai kampanyenya sebagai gubernur(ape/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selundupkan Dua Burung di Dalam Celana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler