Dua Kali Menolak Jadi Pelatih Timnas Inggris

Rabu, 23 Oktober 2013 – 07:02 WIB

jpnn.com - LONDON - Pelatih kepala untuk tim nasional adalah jabatan yang diinginkan oleh semua pelatih sepak bola. Apalagi untuk tim nasional sekelas Inggris, siapapun yang ditawari jabatan tersebut, pasti tergiur, bakan tidak sedikit yang harus adu sikut sebelum akhirnya mendapat kesempatan itu.

 

    
Namun, tidak bagi Sir Alex Ferguson, pelatih Manchester United yang baru saja menyatakan pensiun dari dunia sepak bola pada Mei lalu. Ya, belum lama ini, pria yang memiliki catatan 17 tahun menjadi pemain serta 39 tahun menjadi pelatih itu mengungkapkan bahwa dia pernah menolak tawaran untuk menjadi pelatih timnas Inggris.
    
Bahkan bukan hanya sekali, tapi dua kali kakek berusia 71 tahun ini menapikan tawaran menggiurkan dari FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris), "Ada dua kesempatan yang datang kepada saya untuk menjadi pelatih timnas Inggris, tapi dengan halus saya menolaknya," ucapnya.

BACA JUGA: Barca vs Milan Sama Kuat

Memang, tawaran pertama yang mengalir pada 1999 setelah Glenn Hoddle dipecat oleh FA akibat sebuah wawancara kontroversial yang dia lakukan kala itu. Fergie pun ditunjuk untuk mengisi kekosongan posisi head coach tersebut, dengan tenang Fergie menolak jabatan itu.
       
Setahun kemudian, hal yang sama juga terjadi, Kevin Keegnan yang ditunjuk sebagai pelatih kepala menggantikan Hoddle juga mengundurkan diri. FA pun kembali merayu Fergie untuk jabatan tersebut. Tapi, jawaban Fergie ke FA tidak berubah dari tahun lalu, tetap menolak.
       
"Adam Crozier datang menemui saya secara langsung menawari jabatan itu sebelum mereka memberikannya kepada Sven Goran (Eriksson) pada 2001 silam. Tapi, sedikitpun saya tidak tertarik. Padahal, pada 1999 saya juga mendapat tawaran yang sama dari Martin Edwards," jelas Fergie.
       
Sebagaimana diketahui Adam Crozier adalah ketua FA pada era 2000-2002, sementara Martin Edwards adalah pemangku jabatan yang sama pada 1999.

BACA JUGA: Napoli Waspadai Sakit Hati Marseille

"Tak sekalipun saya berpikir untuk menangani timnas Inggris. Karena jabatan itu seperti ranjang dari paku dan saya tak pernah tegoda untuk berbaring di atasnya," tegas Fergie kepada sejumlah wartawan yang datang meliput acara peluncuran bukunya Selasa kemarin. (dik)

BACA JUGA: Laga Adu Cerdik Nuri Sahin Kontra Ozil

BACA ARTIKEL LAINNYA... Milan tak Butuh Balotelli Sulitkan Barca


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler