Dua Korea Mulai Memanas

Selasa, 24 Februari 2009 – 06:37 WIB
Foto: AFP
SEOUL - Korea Utara (Korut) mulai pamer kekuatanDepartemen Pertahanan (Dephan) Korea Selatan (Korsel) menyatakan, seterunya itu telah menyiapkan rudal balistik jarak menengah yang mampu menjangkau wilayah Australia dan Guam

BACA JUGA: Bom Meledak di Tengah Kerumunan Turis

Bahkan, dalam waktu dekat, rezim Kim Jong Il bakal mengadakan uji ledak rudal jarak jauh yang diperkirakan mampu menjangkau Alaska.

Menurut Dephan Korsel, rudal balistik terbaru Korut itu mampu menjangkau target sejauh 1.800 mil atau sekitar 3.000 kilometer
Namun, tidak disebutkan secara detail jumlah misil yang sudah dikerahkan dan lokasi peluncurannya.

Rudal mutakhir tersebut dipercaya mempunyai tipe sama dengan yang dipamerkan pada parade militer Korut dua tahun lalu

BACA JUGA: Karena Salju Tebal, Warga Inggris Menyerah

Negeri komunis itu mengembangkan teknologinya sejak akhir 1990-an
Pyongyang saat ini juga dilaporkan sedang menyiapkan uji rudal jarak terjauhnya, Taepodong-2

BACA JUGA: Gelar Demo Terbesar, Pekerja irlandia Tolak Pajak Pensiun

Itu dilakukan sebagai respons terhadap kian memanasnya ketegangan dengan SeoulTaepodong diyakini bisa menjangkau pesisir barat AmerikaLebih jauh daripada Alaska yang berbatasan dengan Rusia.

Korut pernah menguji coba Taepodong-2 pada 2006Namun, uji coba itu gagal karena roket jatuh ke laut sesaat setelah diluncurkanUji coba tersebut dikecam dunia dan mendorong komunitas internasional untuk melakukan berbagai langkah diplomasi guna meredam program nuklir Korut.

''Korut juga mempunyai rudal jarak dekat Scud dan Nodong yang mampu menjangkau Korsel dan Jepang," kata laporan tersebut, seperti dikutip Associated Press.

Korsel-lah yang menjadi target utama ScudDaya jangkaunya mencapai 310 mil atau sekitar 500 kilometerNodong, tampaknya, dipersiapkan untuk menyerang JepangKorut diperkirakan mempunyai lebih dari 1.000 Nodong dan Scud di gudang senjata mereka.

Dephan Korsel juga melaporkan, jumlah tentara Korut terus bertambah sekitar 120 ribu personel dibandingkan tahun laluTotal, negeri yang sangat tertutup itu kini memiliki 1,19 juta personel baju hijauSebanyak 180 ribu di antaranya adalah anggota pasukan khusus yang dilatih untuk perang malam, pegunungan, dan perang kotaLangkah tersebut menunjukkan bahwa Korut telah siap dengan berbagai bentuk perang, terutama melawan Korsel.

Mengenai nuklir, laporan Dephan Korsel meyakini bahwa tetangga mereka itu memiliki stok 40 kilogram plutonium, bahan utama pembentuk nuklirTidak disebutkan jumlah senjata nuklir yang sudah dimiliki KorutNamun, berdasar laporan sebelumnya, Korut diperkirakan memiliki dua senjata nuklir(cak/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menikah, Obat Mujarab untuk Jade yang Sekarat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler