Dua Menteri Ikut Terbang Perdana Garuda Jakarta-Silangit

Sabtu, 19 Maret 2016 – 00:38 WIB
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Bandara Silangit di Siborongborong, Tapanuli Utara (Taput), Sumut, dipastikan bakal semakin ramai. Menyusul Batik Air, maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan melakukan terbang perdana dari Bandara Cengkareng Jakarta langsung ke Bandara Silangit pada 22 Maret 2016.

Istimewanya lagi, pada penerbangan perdana ini akan ikut dua menteri yakni Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Penerbangan maskapai plat merah ini merupakan bagian dari upaya menggenjot pertumbuhan pariwisata di Danau Toba.

BACA JUGA: PLN Obral Diskon Demi Gaet UMKM

“Selain dua menteri itu, sejumlah tokoh Batak yang ada di Jakarta juga ikut penerbangan perdana, antara lain Bapak TB Silalahi. Mereka akan terbang bersama penumpang umum lainnya. Dari Jakarta pukul 08.50, sampai Silangit kira-kira 10.50,” ujar Vive Precident Corporate Communication PT Garuda Indonesia Tbk, Benny Butarbutar kepada JPNN kemarin (18/3).

Benny menjelaskan, menyambut penerbangan perdana Garuda ini nantinya akan ada acara penyambutan dari yang disiapkan Pemkab Taput. “Semacam acara adat untuk penyambutan,” kata Benny.

BACA JUGA: Industri ini Bangkit Berkat Bergairahnya Pembangunan Infrastruktur

Dia mengatakan, pesawat Garuda yang terbang ke Silangit jenis CRJ 1000. “Kapasitas penumpang 96 kursi,” kata Benny.

CRJ 1000 merupakan pesawat berbadan ramping panjang dengan kapasitas 96 tempat duduk. Rinciannya, 12 kursi kelas eksekutif dan 84 kursi kelas ekonomi.

BACA JUGA: Izin Pembangunan Kereta Cepat Sudah Terbit

Jenis pesawat ini biasanya untuk rute jarak pendek. Kapasitas Bagasi Kabin memuat maksimal 31,8 kg.

“Jadwal terbang tiga kali dalam seminggu, yakni Selasa, Jumat, Minggu,” ujar Benny.

Sebelumnya diberitakan, tiket Batik Air rute penerbangan Jakarta langsung ke Bandara Silangit disambut antusias masyarakat. Pariwisata Danau Toba diperkirakan juga bakal segera menggeliat.

Ambil contoh, untuk tanggal 25 Maret 2016, tiket pesawat Batik Air sudah full booking.

“Tanggal 25 Maret Batik Air ke Silangit sudah full booking. Itu penerbangan direct (langsung Jakarta-Silangit),” ujar Reni, dari jasa penjualan tiket pegipegi.com, saat dihubungi JPNN , Kamis (17/3).

Setelah Garuda dan Batik Air, kemungkinan Sriwijaya Air dan Citilink juga akan ikut membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Silangit.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya pernah mengatakan, pihaknya sudah mengajak beberapa maskapai lain seperti Cilitink dan Sriwijaya agar mau terbang langsung dari Jakarta ke Bandara Silangit. (sam/jpnn)

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kadin Tolak Kenaikan Tarif Inap 900 Persen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler