Dua Oknum Polisi Pengguna Narkoba di Maluku Dituntut 18 Bulan Penjara

Kamis, 16 Mei 2024 – 20:46 WIB
Palu hakim simbol putusan pengadilan. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, AMBON - Dua oknum polisi di Maluku berinisial Za dan Zu dituntut 18 bulan penjara dalam perkara dugaan pengguna narkoba di Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Kamis. 

"Meminta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan kedua terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 127 Ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," kata JPU Kejati Maluku Achmad Atamimi dan Junet Pattiasina dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Kamis.

BACA JUGA: Oknum Polisi yang Terlibat Kecelakaan Hingga Tewaskan Dua Orang di Bogor Diperiksa Propam

Tuntutan jaksa tersebut disampaikan dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim PN Ambon Haris Tewa didampingi dua hakim anggota.

JPU menyatakan bahwa barang bukti berupa satu buah kotak bening, satu buah alat isap (bong) serta sedotan plastik dirampas untuk dimusnahkan.

BACA JUGA: 5 Oknum Polisi Keroyok Warga Secara Brutal, Terekam CCTV

Menurut JPU, hal yang memberatkan kedua terdakwa dituntut penjara karena tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan peredaran narkotika.

Sedangkan yang meringankan para terdakwa belum pernah dihukum dan mengakui perbuatan mereka.

BACA JUGA: 5 Oknum Polisi Ditangkap, Atasannya Perlu Diperiksa

Dua oknum polisi Za dan Zul ditangkap pada awal Januari 2024 usai membeli narkotika golongan satu jenis sabu-sabu dari Rinto yang saat ini masuk daftar pencarian orang (DPO) oleh pihak kepolisian.

Satu paket sabu-sabu seharga Rp 500 ribu itu kemudian digunakan kedua terdakwa di belakang Puskesmas Hitu, lalu kembali ke Kota Ambon dengan menggunakan mobil dinas kepolisian daerah setempat.

Menurut jaksa, terdakwa Zu awalnya menjemput Za di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon dengan menggunakan mobil dinas kepolisian jenis doble cabin.

Kemudian kedua terdakwa menuju Desa Hila, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah, di rumah kediaman Rinto sekitar pukul 15:30 WIT.

Setelah mendapatkan satu paket narkoba jenis sabu-sabu, keduanya hendak pulang ke Kota Ambon, namun terdakwa Zu bertanya barang tersebut mau dipakai di mana dan dijawab Za agar dipakai di belakang gedung Puskesmas Hitu.

Kemudian pada pukul 19:00 WIT, keduanya kembali menuju Kota Ambon dan dicegat saksi Falentinus Seda bersama timnya dan menemukan sejumlah barang bukti, di antaranya alat isap sabu-sabu (bong), plastik klem bening tempat menyimpan sabu-sabu, serta satu buah kotak bening.

Sebelumnya, Falentinus bersama timnya telah menerima informasi tentang adanya dugaan penyalahgunaan narkoba di Desa Hitu.

Setelah diinterogasi, kedua terdakwa juga mengaku baru selesai mengonsumsi sabu-sabu yang dibeli dari seseorang bernama Rinto.

Majelis hakim menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan pembelaan para terdakwa melalui penasihat hukumnya Jidon Batmomolin, Tri Hendra Unenor dan Abdurab Malbari.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler