Dua Pemuda Tepergok Melakukan Perbuatan Memalukan, Barang Buktinya Satu Ekor Sapi, nih Fotonya

Selasa, 21 Juli 2020 – 23:19 WIB
Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan sedang berada di lokasi kandang sapi di Padang Ambacang, Selasa (21/7). Foto: dok pri antarasumbar

jpnn.com, AGAM - Polisi menangkap dua pemuda berinisial AZ, 35, dan FA, 36, tepergok berbuat terlarang di Padang Amacang, Jorong V Sungai Jariang, Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Selasa (21/7) sekitar pukul 05.30 WIB.

Keduanya tertangkap basah saat beraksi mencuri ternak jenis sapi milik Eri warga.

BACA JUGA: Tepergok Berbuat Terlarang di Rumah, Mbak YE Akui Perbuatannya Diketahui Sang Suami

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan di Lubukbasung, Selasa, mengatakan dua tersangka itu merupakan warga Batu Hampar, Jorong Hampar, Nagari Manggooh Kecamatan Lubukbasung dan satu lagi warga Batu Bancah, Jorong Pasar Durian, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung.

"Satu orang tersangka lainnya melarikan diri saat penangkapan dan telah ditetapkan sebagai daftar pencari orang (DPO). Kedua tersangka ditangkap saat melakukan aksinya," tambahnya.

BACA JUGA: Jhon Heri ke Palembang Mencari Sang Istri, Tak Ketemu, Malah Melakukan Perbuatan Terlarang

Ia mengemukakan, anggota berhasil mengamankan satu ekor sapi jantan dengan usia dua tahun, tali rafia sepanjang 10 tahun, terpal plastik warna hitam dan satu unit mobil Avanza.

Saat ini, ujarnya kedua tersangka beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Agam untuk proses selanjutnya.

BACA JUGA: Bikin Malu Polri, Bripda Faden Wahyu Dipecat dengan Tidak Hormat

“Kami masih mengembangkan kasus pencurian ternak tersebut, karena tersangka merupakan DPO Polres Pasaman Barat dan residivis kasus yang sama pada 2006," katanya.

Ia menceritakan, penangkapan tersangka itu berawal dari anggota Buser Polres Agam melakukan patroli wilayah terkait kasus pencurian ternak sangat tinggi menjelang Idul Adha.

Saat patroli itu, anggota melihat satu tersangka dengan inisial AZ sedang mondar-mandir di lokasi untuk memantau orang.

Namun anggota mengintai dan AZ menuju ke lokasi parkir mobil. Sesampai di lokasi, kedua tersangka mencoba menaikan sapi ke mobil dan tidak bisa akibat ukuran sapi cukup besar.

"Saat di lokasi AZ menyampaikan besar sapi ini kawan dan tidak sangup menaikannya ke dalam mobil," katanya.

Setelah itu, anggota Buser Polres Agam langsung menangkap tersangka dan mengamankan barang bukti.

"Tidak ada perlawanan dari kedua tersangka dan satu tersangka melarikan diri," ujarnya.

Ia menambahkan, peran dari ketiga sekawan itu berbeda. Tersangka FA bertugas merental mobil, menyediakan terpal plastik dan eksekusi.

Sedangkan AZ bertugas sebagai sopir dan memantau situasi saat beroperasi. Sementata DPO bertugas memantau lokasi sapi yang akan jadi sasaran dan menyediakan tali rafia.

"Sebelum melakukan aksinya, DPO lebih dulu mencari lokasi sasaran. AZ dan FA menunggu aba-aba dari DPO. Setelah menerima aba-aba kedua tersangka melakukan aksinya," katanya.

Atas perbuatanya, kedua tersangka diancam Pasal 363 Ayat 1 ke 1, ke 3, ke 4 KUHP tentang pencurian dengan hukuman kurungan maksimal tujuh tahun penjara.

Dwi mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan pencurian dan mengaktifkan kembali poskambling.

BACA JUGA: Ibu dan Anak Kandung Dipergoki Warga Tengah Begituan di Rumah, Pengakuan Mereka Mengejutkan

"Apabila ada orang di curigai, segera laporkan ke anggota Bhabinkamtibmas setempat atau ke Polsek," lanjutnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler