Dua Skenario untuk Kaka

Minggu, 20 Juni 2010 – 07:36 WIB
SKENARIO - Kaka saat dilanggar oleh pemain Korut, Pak Chol-jin, dalam laga 15 Juni lalu. Foto: Paul Gilham/Getty Images/FIFA.com.

JOHANNESBURG - Kurang kreatifnya permainan Brazil di lini tengah, mendapat sorotan tajam dari publik sepak bola internasionalDunga pun disalahkan lantaran meninggalkan beberapa pemain berpengalaman seperti Ronaldinho, Neymar, atau Alexandre Pato.

Hal itu lantas diperparah dengan kesulitan Kaka mengeluarkan bentuk permainan terbaiknya

BACA JUGA: Lini Depan Italia Belum Menjanjikan

Di laga pertama melawan Korut, playmaker berusia 29 tahun itu bahkan harus ditarik keluar di menit ke-78, lantaran cedera pahanya yang kambuh.

Pelatih Carlos Dunga kemungkinan besar akan tetap memasang bintang Real Madrid itu sejak awal, ketika menghadapi Pantai Gading
Namun, mantan gelandang bertahan Seleccao - sebutan Brazil - di PD 1994 dan 1998 itu, juga menyiapkan skenario lain, jika sewaktu-waktu Kaka harus diganti lagi.

Tak tanggung-tanggung, Dunga punya dua skenario untuk menyiasati tidak adanya Kaka

BACA JUGA: Eriksson Puji Kepemimpinan Dunga

Pertama, dia akan menugaskan Robinho menggantikan peran Kaka sebagai playmaker
Itu sudah dilakukan di laga pertama, dan sudah berulang kali dicoba dalam sesi latihan

BACA JUGA: Palombo Bisa jadi Kiper Ketiga

Hasilnya cukup memuaskan.

"Tidak ada masalah kalau Dunga ingin saya bermain seperti itu," ucap Robinho, seperti dilansir Associated Press"Brazil punya beberapa pemain yang bisa menggantikan peran Kaka jika diperlukanSaya sendiri sudah pernah dimainkan di posisi sedikit di belakang dua penyerang, dan segalanya berjalan baikSaya siap bermain di sektor itu lagi," lanjut pria berusia 26 tahun itu.

Pemain Manchester City yang tengah dipinjamkan ke Santos itu, bahkan menjadi sosok yang paling mengancam gawang Korut pekan laluBaik ketika masih menjadi striker, maupun setelah digeser ke tengah"Saya bisa beradaptasi dengan cepatLagipula, saya sering bermain di posisi yang berbeda di Santos," tandas Robinho pula.

Kendati Robinho siap mengambil peran utama, Dunga tetap membuat rencana pendampingYakni, mengganti Kaka dengan Julio BaptistaGelandang AS Roma tersebut belum sempat diturunkan di laga pertama, tapi dalam kondisi siap tempur.

"Julio (Baptista) juga pernah menjalankan peran Kaka, yakni di Copa America 2007, dan hasilnya okeApalagi, Julio sudah berlatih kerasDia bisa diturunkan kapan saja," ucap Dunga.

"Mungkin jika Kaka perlu diganti lagi, saya akan mempercayakan tempatnya pada RobinhoTapi kita juga harus melihat kebutuhan di lapanganKalau memang Robinho lebih dibutuhkan di depan, saya akan jalankan skenario lain," imbuhnya(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Brazil v Pantai Gading: Lebih Berat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler