Ducati: Tangki BBM dan Knalpot Jadi Tantangan Desainer Motor Listrik

Rabu, 06 Februari 2019 – 20:42 WIB
Ilustrasi Ducati beraliran listrik. Foto: Ubergizmo

jpnn.com - Era kendaraan listrik terus bergerak dengan populasi yang semakin banyak. Berbagai produsen otomotif pun mulai berlomba mengembangkan kendaraan listrik sesuai kebutuhan konsumen.

Terkait hal pengembangan kendaraan listrik, Ducati memberikan sedikit wawasan mengenai bagaimana mendesain kendaraan listrik memengaruhi proses desain baik itu motor maupun mobil.

BACA JUGA: Kesan Pertama Jajal Honda PCX Electric

Desainer Ducati Andrea Ferraresi mengatakan bahwa elektrifikasi akan membawa perubahan signifikan pada bahasa desain kendaraan terutama sepeda motor.

BACA JUGA: 3 Gaya Motor Listrik Para Dewa

BACA JUGA: AHM Rilis Honda PCX Electric, Tetapi Tidak Dijual Umum

"Tenaga listrik akan mengubah desain sepeda motor lebih sulit dari pada mengubah desain mobil," beber Andrea seperti dilansir Digital Trend, Rabu (6/2).

Dia menambahkan, perubahan terjadi secara bertahap. Pada awalnya, dia berpendapat, sepeda motor listrik akan sangat mirip dengan model konvensional dengan paket baterai besar. Ke depan, tenaga listrik membuka peluang baru bagi perancang desain sepeda motor yang tidak akan dinikmati sebagian besar perancang mobil.

BACA JUGA: Catatan Penting PLN Terkait 4 Hoaks Seputar Kendaraan Listrik

"Sepeda motor listrik tidak membutuhkan sistem pembuangan dan tangki bahan bakar. Mobil listrik juga tidak, tetapi komponen-komponen itu biasanya bukan bagian dari desain di mobil dan itu berbeda ketika di motor," tegas Andrea.

Menurut Andrea, ini menciptakan peluang, tetapi juga tantangan. Perancang tidak bisa melepas tangki bahan bakar dari sepeda motor listrik. Tanpa itu, modelnya akan terlihat sangat mirip sepeda.

BACA JUGA: Ducati Kejar Pengembangan Motor Listrik

Hal lain yang memengaruhi desain sepeda motor listrik dalam waktu dekat adalah alat bantu mengemudi. Bosch membantu Ducati membawa teknologi berbasis radar seperti cruiser control ke dalam sepeda motor.

Sementara, desainer mobil menghadapi tantangan yang sama, tetapi mobil jelas jauh lebih luas daripada sepeda motor sehingga tidak terlalu sulit untuk menambahkan sensor tersebut. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamat Datang Teman Gesits, Motor Listrik Lokal Bernama Lincah


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler