Duh Gusti...Honorer K2 Masih Ada yang Tak Lulus PPPK

Kamis, 28 Februari 2019 – 14:32 WIB
Tampilan di laman sscasn.bkn.go.id untuk pendaftaran PPPK dari honorer K2. Foto: JPNN.com

jpnn.com, GRESIK - Tercatat ada 83 di antara 314 peserta seleksi PPPK di Gresik Jatim yang tidak sanggup menggapai passing grade. Nilainya kurang.

Saat tes pada Sabtu dan Minggu (23-24 Februari), peserta harus menjawab seratus soal. Jika jawaban benar semua, nilai maksimal peserta mencapai 180.

BACA JUGA: Honorer K2 Terbukti Punya Kualitas dan Kompetensi

BACA JUGA : Fakta Menunjukkan Pemerintah Terburu – buru Rekrutmen PPPK

 

BACA JUGA: Pesan Prabowo Subianto untuk Seluruh Honorer K2

Nah, ambang batas nilai (passing grade) cuma 65. Bagaimana hasilnya? Ternyata puluhan peserta tetap tidak sanggup meraih nilai tersebut.

Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Guru Honorer K-2 Gresik Nuryanto mendapat laporan dari teman-temannya sesama guru. Mereka mengeluh. Nilai hasil tes berada di bawah passing grade.

BACA JUGA: Pengurus Forum Honorer K2 Lega Sudah Bertemu Prabowo

''Habis tes itu langsung didata. Ada 75 guru yang di bawah passing grade. Itu data sementara,'' katanya.

Menurut Nuryanto, kebanyakan guru honorer K-2 itu mengalami kendala teknis ketika tes. ''Rata-rata nilainya hanya 39. Kurangnya itu hanya sedikit. Kurang 5 poin, kurang 6 poin gitu,'' jelasnya.

BACA JUGA : Honorer K2 Desak Passing Grade Kelulusan PPPK Diturunkan, Bisakah?

Dia berharap passing grade bisa diturunkan. Sebab, sangat banyak kursi lowongan yang disediakan Pemkab Gresik. ''Jika banyak yang tidak lolos, nanti makin banyak kursi yang kosong,'' ungkapnya.

Dalam seleksi PPPK 2019, Pemkab Gresik menyediakan 384 formasi bagi tenaga honorer K-2. Perinciannya, 292 tenaga pendidik, 55 tenaga kesehatan, dan 37 penyuluh pertanian. Nah, total ada 83 peserta yang tidak mampu meraih nilai passing grade.

BACA JUGA : Belasan Ribu Peserta Tes PPPK dari Unsur Honorer K2 Menangis

Forkom guru honorer K-2 telah wadul ke Komisi IV DPRD Gresik. ''Barangkali komisi IV bisa memfasilitasi. Guru honorer K-2 ini sudah berumur. Masa pengabdiannya sudah lama. Harapan kami, semuanya bisa diterima,'' tuturnya.

Saat pertemuan di komisi IV pada Senin (25/2), Ketua Komisi IV Khoirul Huda tidak bisa berbuat banyak. Namun, keluhan tenaga honorer K-2 tetap ditampung. Hari ini komisi IV mengundang BKD Gresik dan forkom guru honorer K-2.

''Masalahnya, kami juga tidak bisa berbuat banyak. Kami akan fasilitasi,'' ujarnya.

BACA JUGA : Honorer K2 tak Lolos Passing Grade PPPK, Jangan Sedih Dulu ya

Di tempat terpisah, Kepala BKD Nadlif menjelaskan bahwa nilai passing grade PPPK ini termasuk kecil. Belum dipastikan kebijakan selanjutnya.

BKD masih menunggu instruksi dari pusat. Sebab, pengolahan nilai dan penentuan kelulusan merupakan wewenang pusat.

BACA JUGA : Simak Penjelasan Kepala BKN soal Honorer K2 tak Lolos Passing Grade PPPK

Bagaimana nasib honorer K-2? Nadlif menyatakan tetap berupaya mengusahakan peserta yang tidak mencapai passing grade bisa diterima. Salah satunya, mengusulkan penurunan passing grade seperti CPNS lalu. Atau, ada pengulangan tes (remedi).

Hasil tes Sabtu dan Minggu lalu belum bisa disebut pengumuman. Pengumuman kelulusan dilakukan pada 1 Maret. ''Jadi, yang tidak mencapai passing grade belum bisa dikatakan tidak lulus,'' tandasnya. (son/c14/roz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Resmi, Honorer K2 dari 30 Provinsi Dukung Prabowo - Sandi


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler