Dukung Ganjar Pranowo, Himpunan Santri Nusantara: Kami Kawal Hingga Pilpres 2024

Selasa, 25 Oktober 2022 – 10:04 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, KARAWANG - Ribuan santri Pondok Pesantren Miftahul Khoirot di Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo.

Dukungan dari kelompok santri, ustaz, kiai, habib dan tokoh agama yang berjejaring dalam Himpunan Santri Nusantara (HISNU) Jawa Barat itu dilakukan saat pelaksanaan Maulid Nabi 1444 H, sekaligus memperingati Hari Santri Nasional beberapa hari lalu.

BACA JUGA: Mak Ganjar di Mojokerto Gelar Doa Bersama untuk Indonesia

Pimpinan Ponpes Miftahul Khoirot Karawang, KH Agus Abdullah mengatakan, bangsa Indonesia saat ini membutuhkan figur pemimpin yang adil, tegas, memahami ajaran-ajaran Islam dan mendukung kemajuan pesantren di tanah air.

Agus menyebut, sosok Ganjar Pranowo yang paling tepat untuk memimpin bangsa ini.

BACA JUGA: GoTransit Jadi Pilihan Utama Pengguna Kereta Jabodetabek

"Mengusung itu adalah kewajiban kita semua. Contohnya adalah wajib hukumnya mengusung calon pemimpin yang beriman, dan mempunyai cita-cita yang luhur apalagi untuk perkembangan pesantren se-Nusantara," kata Agus, Senin (24/10).

Seluruh santri Ponpes Miftahul Khoirot yang berdiri pada 1930 itu dan juga masyarakat sekitar ponpes mengaku siap mendukung dan menghantarkan Ganjar Pranowo hingga Pilpres 2024.

BACA JUGA: Hadapi Potensi Krisis Pangan 2023, Ganjar Optimalkan Produksi Pajale dan Politik Pupuk

"Mudah-mudahan Pak Ganjar Pranowo bisa terpilih dan memimpin Bangsa Indonesia, dan juga membawa pesantren sebagai salah satu pondasi negara ini pada kemajuan yang lebih besar lagi," ucapnya.

Lebih lanjut, Gus Yusuf Hidayat selaku Koordinator Nasional HISNU menjelaskan, gelontoran dukungan kalangan pesantren untuk Ganjar Pranowo lantaran sosoknya yang sudah tidak asing lagi bagi banyak tokoh agama nasional.

"Pak Ganjar Pranowo ini sosok yang sangat moderat, beliau bisa diterima oleh semua kalangan. Termasuk kalangan pesantren, islam tradisional maupun islam moderat itu semuanya sangat menerima dan beliau juga bisa diterima oleh kekuatan dari luar islam," tutur Gus Yusuf.

Gus Yusuf membeberkan, alasan yang menguatkan untuk mendukung Ganjar Presiden 2024 karena misi besar yang dibawa Ganjar terkait perkembangan pendidikan pesantren tak hanya di Jawa Tengah saja, tetapi se-Indonesia melalui program kerjanya selama ini.

Dia meyakini, jika kelak Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024, maka perkembangan pesantren akan semakin pesat dan santri juga bakal memiliki daya saing dengan pelajar lainnya yang menempuh pendidikan formal.

"Salah satu alasan HISNU juga mendukung Pak Ganjar adalah beliau punya misi besar terhadap pengembangan islam yang ada di Indonesia dan bagaimana menjaga kekuatan toleransi juga keutuhan bangsa ini," jelas Gus Yusuf.(chi/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler