Dukung KEK Selayar, Ini Langkah Pertagas

Senin, 02 Mei 2016 – 17:56 WIB
Pemaparan Rencana Pembangunan Selayar di Kantor Wapres, Senin (2/5). Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA – Kabupaten Selayar dinilai memiliki potensi besar untuk berkembang pesat. Hal itu terlihat dalam acara Pemaparan Rencana Pembangunan Selayar di Kantor Wapres, Senin (2/5).

Dengan potensi alam dan posisi yang sangat strategis, daerah yang selama ini belum tersentuh secara maksimal tersebut harus mendapat perhatian khusus.

BACA JUGA: Triwulan I, PGN Raih Laba Rp 1,36 triliun

“Selayar punya semua potensi untuk menjadi pusat distribusi di Kawasan Timur Indonesia. Keinginan serius pemerintah daerah layak diapresiasi dan diperjuangkan,” ujar staf khusus Wapres HM Alwi Hamu.

Menurut Bupati Selayar Basli Ali, daerahnya saat ini memiliki tiga keinginan kuat yang menjadi program prioritas. Selayar bisa menjadi Pusat Distribusi Logistik, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata, dan Pusat Industri Perikanan Terpadu.

BACA JUGA: Pajak Online Tunggu Finalisasi Perda

Untuk mempercepat program tersebut, selain aktif bertemu langsung dengan kementerian dan BUMN terkait, Pemkab Selayar juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas awal. Masalah pembebasan lahan kini tak lagi menjadi kendala. Mereka sudah memiliki area yang siap dibangun.

“Untuk KEK Pariwisata kami punya lahan 400 hektare. Untuk industri logistik maritim kami sudah menyiapkan lahan 3000 hektare. Sementara untuk terminal energi sudah ada lahan 2000 hektare. Investor tinggal membangun, kami akan memberikan dukungan penuh,” sebut Basli

BACA JUGA: Triwulan I, PGN Raih Laba Rp 1,36 triliun

Masalah energi memang menjadi salah satu perhatian. Banyak proyek besar yang gagal karena ketidaktersediaan energi yang memadai. Pemkab Selayar sudah mengantisipasi hal tersebut. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Pertamina PGN-Pertagas untuk membangun terminal gas di Selayar.

Mengenai kerja sama ini, Pertagas yang diwakili Herman Susilo mengaku siap mendukung penuh program tersebut. Rencana pembangunan terminal gas tengah dimatangkan. Diharapkan tak ada kendala berarti sehingga proses pembangunannya bisa dilakukan dalam waktu cepat.

“Kami sudah menggelar pembicaraan serius dengan Pemkab Selayar. Untuk proyek ini kami memberikan dukungan penuh. Jika memiliki sepuluh ribu hektare, Pertamina PGN Pertagas Holding Energy akan menjadi pemain gas terbesar ketiga di dunia. Selayar saja sudah menyiapkan 2000 hektare, bahkan bisa menjadi 5000 hektare,” jelas  Herman.

Anggota DPR RI Tamsil Linrung yang hadir pada acara ini berjanji akan memperjuangkan semua program Pemkab Selayar. Menurut politikus asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, berbagai program yang disusun bukan hanya untuk kepentingan masyarakat Selayar.

“Tapi kita sedang berbicara tentang percepatan pembangunan di Indonesia Timur. Selayar adalah sentral secara geografis. Hal ini harus diseriusi dan diperjuangkan,” ungkapnya. (jos/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cara Indosat Ooredoo Genjot Kompetensi Tenaga Kerja


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler