Dukung Pabrik Semen Rembang, Sikap Mbah Moen Dipuji

Jumat, 23 Desember 2016 – 23:26 WIB
KH Maimoen Zubair. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Sikap ulama asal Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah KH Maimoen Zubair dipuji sejumlah kalangan.

Ini karena dia mendukung pendirian pabrik semen Indonesia di wilayah itu.

BACA JUGA: Miris, Bocah SMP Dipaksa Jadi PSK Bertarif Rp 750 Ribu

Mbah Moen bahkan menyatakan siap memfasilitias aspirasi warga Rembang yang mendukung pembangunan pabrik semen ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Jokowi.

Menurut pengamat politik Universitas Jenderal Soedirman Andi Ali Said Akbar, sikap seperti itu yang seharusnya ditunjukkan ulama dan patut dicontoh ulama lainnya.

BACA JUGA: Bekerja di Indonesia, 12 Buruh Ilegal Asal Tiongkok Ditangkap

"Ulama harus mampu memosisikan dirinya secara jernih sebagai sosok yang tidak hanya mewakili suara kepentingan rakyat. Tapi juga mendukung kepentingan nasional dan kebijakan negara," kata Ali di Jakarta, Jumat (23/12).

Dia mengatakan, peranan sosok seperti Mbah Moen sangat penting karena seorang ulama tidak hanya memiliki literasi agama saja.

BACA JUGA: Aksi Balasan, Siswa Non-Muslim Bersihkan Masjid Agung Purwakarta

Ulama dianggap mampu mengambil peranan vital untuk kepentingan nasional agar bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Sosok ulama antara lain seperti Mbah Moen yang menyikapi secara positif keberadaan pabrik semen di Rembang milik PT Semen Indonesia yang merupakan BUMN Nasional sebagai sebuah tindakan yang tepat karena terkait dengan kepentingan nasional," imbuhnya.

Menurut Ali, ulama adalah tokoh yang mempunyai kapasitas untuk melegitimasi keputusan masyarakat maupun menarasikan kebijakan negara agar dapat diterima oleh masyarakat.

“Peran ulama dan tokoh keagamaan dapat digunakan dalam setiap formulasi kebijakan negara dikarenakan kolaborasi fungsi politik negara akan menjadi baik apabila digandengkan dengan fungsi sosial yang dimiliki ulama,” tuturnya. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Volume Kendaraan dari Brexit Meningkat, Lalu Lintas Tegal Mulai Padat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler