Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Tinjau Fasilitas Industri di Cikarang & Bekasi

Selasa, 20 Agustus 2024 – 19:41 WIB
Bea Cukai meninjau fasilitas industri di Cikarang dan Bekasi dalam rangka mewujudkan komitmen mendukung pertumbuhan ekonomi. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, CIKARANG - Bea Cukai berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan membantu perkembangan industri dalam negeri.

Melalui unit vertikalnya, yaitu Bea Cukai Cikarang dan Bea Cukai Bekasi melakukan kegiatan bertajuk Customs Visit Customer (CVC) atau kunjungan kerja ke perusahaan pengguna fasilitas kepabeanan.

BACA JUGA: Bea Cukai Buka Peluang Pasar Mancanegara Bagi UMKM di 2 Wilayah Ini Lewat Asistensi

Pada Selasa (30/07), Kepala Kantor Bea Cukai Cikarang beserta staf melakukan kunjungan ke PT Indo Sultan Jaya untuk meninjau penambahan fasilitas baru, berupa lant refinery dan fraksinasi yang telah selesai
dibangun.

Kegiatan ini juga dihadiri Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Ameer Khuram Rathore, dan Direktur PT Jababeka Tbk Tjahjadi Rahardja.

BACA JUGA: Gelar Pelatihan Kelas Ekspor, Bea Cukai Malang Dukung UMKM dan Mahasiswa Go Global

Setelah pemaparan materi terkait fasilitas baru, kegiatan CVC dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa bagian pabrik.

Kepala Kantor Bea Cukai Cikarang Souvenir Yustianto mengungkapkan fasilitas baru telah mematuhi regulasi dan standar teknis yang berlaku, serta mempertimbangkan dampak lingkungan.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Australian Border Force Gelar C to C Talk 2024, Bahas Hal Penting Ini

“Penambahan fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi operasional PT Indo Sultan Jaya, sekaligus memperkuat hubungan kerja antara perusahaan dan Bea Cukai Cikarang,” kata Souvenir Yustianto dalam keterangannya, Selasa (20/8).

Sementara itu, Bea Cukai Bekasi melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan penerima fasilitas tempat penimbunan berikat (TPB), yaitu PT Komoda Indonesia pada Rabu (14/8).

Perusahaan ini bergerak di industri paku, mur, baut, serta mesin penambangan, penggalian, dan konstruksi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Direktur PT Komoda Indonesia Hiroshi Nagano menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Bea Cukai Bekasi dalam mendukung kelancaran aktivitas industri mereka.

Menurut Hiroshi Nagano, kunjungan ini tentu sangat membantu kami dalam mengevaluasi regulasi yang selama ini telah berjalan dan dilaksanakan oleh PT Komoda Indonesia.

"Terima kasih atas perhatian dan kerja sama Bea Cukai Bekasi selama ini sehingga aktivitas industri dapat terus berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Hiroshi.

Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi Yanti Sarmuhidayanti memberikan apresiasi kepada PT Komoda Indonesia atas pemanfaatan fasilitas kawasan berikat dengan optimal.

Melalui kunjungan ini, Bea Cukai Bekasi terus berupaya mendorong para pelaku usaha dalam negeri, terutama yang berorientasi ekspor, untuk memanfaatkan fasilitas kepabeanan.

“Dengan fasilitas ini diharapkan para pelaku usaha dapat mengatur cashflow perusahaan sehingga dapat mendukung pengembangan dan peningkatan kinerja industri,” pungkas Yanti. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler