Dukungan Multietnis dan Kalangan Muda Bikin Elektabilitas Prabowo-Gibran Makin Kuat

Kamis, 02 November 2023 – 22:07 WIB
Prabowo dan Gibran saat mendaftar ke kantor KPU, Jakarta, Rabu (25/10). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diprediksi makin kuat menjelang Pilpres 2024.

Hal itu dipicu adanya gelombang dukungan dari multietnis dan kalangan muda yang diyakini bisa membuat elektabilitas Prabowo-Gibran makin tak terkejar Ganjar Pranowo-Mahfud MD maupun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

BACA JUGA: Tani Merdeka Magelang Siap Menangkan Dukung Prabowo-Gibran

Berdasarkan kepada hasil survei yang dirilis Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023, Prabowo-Gibran banyak mendapatkan dukungan dari etnis Sunda, Batak, Betawi, Minang, Bugis dan Melayu.

Di klaster etnis tersebut, Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan terbesar mengalahkan Ganjar-Mahfud MD dan Anies-Muhaimin.

BACA JUGA: Prabowo Dinilai sebagai Capres yang Punya Fokus Bangun Indonesia dari Desa

“Sementara ini Prabowo-Gibran unggul di kelompok perempuan, usia semakin muda, etnis Sunda, Batak, Betawi, Minang, Bugis, Melayu,” kata Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, dalam keterangan persnya, Kamis (2/11).

Jika dibedah lebih dalam, di klaster Sunda, Prabowo dapat dukungan tertinggi dengan total 45,9 persen. Mengalahkan dukungan yang didapatkan Anies-Muhaimin 25,7 persen dan Ganjar-Mahfud MD 24,4 persen.

BACA JUGA: Prabowo Sering Temui Masyarakat dan Jadi Figur Paling Disukai Publik

Lalu, pada etnis Batak, Prabowo-Gibran berhasil meraup suara terbesar yakni 47,2 persen. Diikuti Ganjar-Mahfud MD dengan 33,8 persen dan Anies-Muhaimin 18,1 persen.

Kemudian, pada pemilih di etnis Betawi, Prabowo-Gibran mengantongi dukungan tertinggi dengan 48,4 persen suara. Disusul Ganjar-Mahfud MD dengan 26,6 persen dan Anies-Muhaimin 22,9 persen.

Sementara pada etnis Minang, Prabowo-Gibran kembali mengantongi dukungan tertinggi dengan 45,6 persen. Dikuntit oleh Anies-Muhaimin 39,5 persen dan Ganjar-Mahfud MD dengan 11,4 persen suara.

Setali tiga uang, Prabowo-Gibran juga mendapatkan dukungan terbesar dari etnis Bugis. Prabowo-Gibran sukses meraih dukungan tertinggi dengan 51,2 persen, diikuti Ganjar-Mahfud MD dengan 31,9 persen dan Anies-Muhaimin dengan 15,5 persen.

Terakhir, Prabowo-Gibran juga mendapatkan dukungan terbesar dari etnis Melayu. Pada etnis Melayu, Prabowo-Gibran merengkuh 51,4 persen suara, diikuti Ganjar-Mahfud MD dengan 26,4 persen dan Anies-Muhaimin di posisi ketiga dengan 17,3 persen.

Oleh karena itu, Kennedy meyakini Prabowo-Gibran menjadi capres-cawapres potensial yang bisa memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Menurutnya, selain didukung multietnis, adanya dukungan penuh Presiden Jokowi juga menjadi faktor utama yang tidak bisa dikesampingkan.

“Jokowi effect masih menjadi penentu terutama untuk Prabowo Subianto,” ujar Kennedy. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo-Gibran Menguat karena Dapat Limpahan Suara Loyalis Jokowi di Jawa Timur


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler