Dukungan Pangdam V/Brawijaya terhadap Babinsa Diapresiasi DPR

Senin, 15 Mei 2023 – 04:38 WIB
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf. Foto: antara

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengapresiasi aksi Sertu Dina Mardiyanto membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM keripik singkong.

Menurut dia, aksi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0827/03 Manding Kodim itu berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi 200 warga sekitar.

BACA JUGA: Pengamat Soroti Perhatian Pangdam V/Brawijaya Terhadap Babinsa, Begini Katanya

TB Hasanuddin mengatakan bahwa dukungan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf terhadap Sertu Dina Mardiyanto sudah tepat.

"Sebagai pimpinan, Mayjen TNI Farid Makruf terus mendukung anggotanya menjalankan tugas dengan baik dan berkontribusi pada masyarakat," kata TB Hasanuddin, baru-baru ini.

BACA JUGA: Kisah Babinsa Kodim Sumenep Berdayakan Ekonomi Warga Melalui Singkong

Politikus PDIP ini menilai tindakan Yanto, sapaan Dina Mardiyanto, sangat baik dan patut ditiru karena merupakan sikap yang teladan.

"Nilai-nilai kemanusiaan perlu ditanamkan dalam setiap tugas Babinsa termasuk membantu kesejahteraan rakyat," katanya.

BACA JUGA: Membekali 2.000 Babinsa di Samarinda, Menhan Prabowo Singgung Sishankamrata

Adapun Yanto memulai aksinya itu karena rasa prihatin melihat kondisi masyarakat desa yang hidup pas-pasan mengandalkan hasil perkebunan singkong yang seringkali tidak bisa dijual karena kualitas kurang baik.

Dia mulai mengajak masyarakat untuk mengolah hasil panen menjadi keripik singkong dengan metode yang berbeda dengan daerah lainnya.

Setelah melakukan beberapa kali percobaan, keripik yang dihasilkannya itu menjadi lebih renyah. Sejak 2015, Yanto butuh waktu tiga tahun mewujudkan tekadnya itu.

Dengan modal Rp 25 jadi yang dikumpulkan dari bisnis jual beli ponsel, dia membeli singkong dan sejumlah peralasan agar petani mau mengolah singkong menjadi keripik. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler