Dulu Duta Orange, Sekarang Menjadi Saingan

Sabtu, 31 Desember 2011 – 18:27 WIB

BUKAN hanya naluri gol Samuel Eto"o saja yang tajam.  Tapi, bomber timnas Kamerun itu juga punya insting bisnisnya juga okeStriker Anzhi Makhachkala itu baru saja meluncurkan perusahaan provider miliknya Set Mobile di Kamerun.

Samuel Eto"o menyadari kalau karir pemain sepak bola pendek

BACA JUGA: Victory Buat Fergie

begitu memasuki usia 30 tahun ke atas, perlahan-lahan karir akan menurun
Usia Eto"o sudah 30 tahun

BACA JUGA: Kembali ke Arsenal, Henry Kenakan Kostum Vela

Menyadari dirinya sudah berada di pengujung karir, mantan bomber Barcelona dan Inter Milan itu mulai melakukan investasi.  Tapi, tidak seperti mayoritas pemain yang biasanya mengejar sertifikat pelatih untuk persiapan pensiun, Eto"o justru menekuni bisnis telekomunikasi di Kamerun.

Tidak tanggung-tanggung, Eto"o membangun perusahaan provider yang diberi nama Set?Mobile
Perusahaan itu menjadi provider ketiga di Kamerun setelah perusahaan asal Prancis Orange dan perusahaan multinasional MTN.

Bisa dibilang, Set Mobile merupakan provider milik Kamerun pertama

BACA JUGA: Siapkan Formula Khusus

Jaringannya menjangkau seluruh Kamerun, tapi belum seluas Orange dan MTN yang berebut pangsa pasar di seluruh AfrikaSet Mobile berusaha muncul sebagai alternatif.

Dengan citra yang dimiliki Eto"o dan kebutuhan telekomunikasi yang terus meningkat, diyakini Set?Mobile punya potensi untuk besarDi perusahaannya itu Eto"o menggelontorkan investasi sebesar USD 152.449 atau setara Rp 1,3 miliarPenggunaan nama Set?Mobile juga merupakan inisial dari nama Samuel Eto"o

Pada hari pertama peluncuran Set Mobile, langsung terjual 50 ribu SIM cardNamun, para pembeli belum bisa langsung menikmati layanan dari Set?Mobile, karena mereka baru mengaktivasi layanan mulai 21 Januari nanti, bersamaan dengan pembukaan Piala Afrika 2012.

Saat launching, CEO Set Mobile Charles Gueret berharap mereka bisa memenuhi kebutuhan warga Kamerun akan akses informasiMereka selama ini mengandalkan telepon, sms, dan akses internet, yang lebih rendah ketimbang provider yang sudah ada sebelumnya.

"Kamerun merupakan pasar yang potensial dan Eto"o memiliki citra yang bagusDia akan sangat membantu bagi perusahaan ini," kata Gueret, seperti dilansir AllAfrica.

Keberanian Eto"o terjun di bisnis itu tidak lepas dari melonjaknya kebutuhan warga Kamerun akan telekomunikasiBerdasarkan analisis  konsultan bisnis Frost&Sullivan, pasar telekomunikasi di Nigeria, Kamerun, dan Pantai Gading terus bergerak naik.

Di sisi lain, bagi Orange, keputusan Eto"o membentuk perusahaan sendiri tentu sangat mengesalkanKarena sebelumnya Eto"o merupakan duta OrangeSekarang, dia pemilik dari sebuah perusahaan provider yang akan bersaing dengan Orange.

Kekuatan pencitraan Eto"o di Kamerun akan menjadi masalah besar buat OrangeSetelah Kamerun, Set Mobile juga punya rencana untuk melebarkan sayap bisnisnya dengan meluaskan jaringannya ke beberapa negara tetangga

"Butuh usaha yang sangat berat bagi kami untuk membentuk perusahaan iniSaya gembira dan berharap perusahaan ini mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat Kamerun," ujar Eto"o yang terkena sanksi btak boleh tampil dalam 15 laga bersama timnas Kamerun itu(ham/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPSI Berencana Duduki Markas PSSI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler