Akhirnya kita hampir tiba di pengujung pekan ini.

Kembali kami hadirkan sejumlah informasi pilihan dari berbagai negara yang telah kami rangkum dalam Dunia Hari Ini.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: PM Slovakia Ditembak Sebagai Upaya Pembunuhan Bermuatan Politik

Berita yang pertama datang dari Aljazair.Pria Aljazair yang hilang selama 26 tahun ditemukan di rumah tetangganya

Pria berusia 45 tahun yang diidentifikasi sebagai Omar bin Omran menghilang dari kota Djelfa di Aljazair tengah utara ketika dia berusia 19 tahun.

BACA JUGA: Ramai-Ramai Tolak RUU Penyiaran: Makin Dilarang, Makin Berkarya

Keluarganya berasumsi dia termasuk di antara ratusan ribu orang yang terbunuh atau diculik selama Perang Saudara Aljazair pada tahun 1998.

Namun menurut laporan media Aljazair, Omran ditemukan di kandang domba di bawah tumpukan jerami hanya sekitar 200 meter dari rumah masa kecilnya pada akhir pekan lalu. 

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Aktivis Thailand Meninggal Setelah Mogok Makan di Penjara

Kementerian Kehakiman mengatakan tersangka penculiknya, seorang penjaga pintu berusia 61 tahun yang tinggal sendirian, ditahan setelah mencoba melarikan diri.

Kementerian Kehakiman menggambarkan kejahatan ini sebagai sesuatu yang "keji" dan Omran menerima perawatan medis dan psikologis.Petugas polisi kedua tewas dalam kerusuhan di Kaledonia Baru

Perdana Menteri Prancis Gabriel Attal mengumumkan pada Kamis waktu setempat bahwa sekitar 1.000 personel keamanan tambahan akan dikirim ke pulau itu – sehingga jumlah polisi dan polisi di pulau itu dari 1.700 menjadi 2.700 pada Jumat malam waktu setempat.

Langkah ini dilakukan setelah Menteri Dalam Negeri dan Wilayah Luar Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan bahwa polisi kedua telah terbunuh pada hari Kamis (16/05) kemarin.

"Situasi di Kaledonia Baru masih sangat tegang, dengan penjarahan, kerusuhan, kebakaran, penyerangan yang tidak bisa dikendalikan," kata Gabriel.Tiongkok-Rusia pererat hubungan, bicarakan 'solusi politik' di Ukraina

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam tindakan yang mereka anggap sebagai perilaku AS yang semakin agresif.

Pihaknya juga berjanji untuk memperdalam hubungan pertahanan dan militer negara mereka yang sudah erat.

Sebagai penolakan terhadap Washington, Xi memberi isyarat bahwa Beijing dan Moskow saling sepakat dalam berbagai masalah penting, termasuk mengenai Ukraina.

"Hubungan Tiongkok-Rusia saat ini diperoleh dengan susah payah, dan kedua belah pihak perlu menghargai dan memeliharanya," kata Xi kepada Putin pada pertemuan hari Kamis (17/05).

Putin menggambarkan kerja sama Moskow dan Beijing dalam urusan dunia sebagai salah satu faktor utama yang menstabilkan arena internasional.Kondisi PM Slovakia Robert Fico stabil tetapi 'sangat serius'

Seorang pria berusia 71 tahun telah didakwa dengan percobaan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico, yang ditembak ketika meninggalkan pertemuan di kota Handlova.

Meski serangan tersebut digambarkan bermotif politik, Sutaj-Estok menggambarkan tersangka bertindak sebagai "serangan tunggal" yang tidak memihak pada partai atau kelompok tertentu.

Fico berada dalam kondisi "sangat serius" namun stabil setelah ditembak lima kali dalam upaya pembunuhan yang mencerminkan perpecahan politik di negara tersebut.

Miriam Lapunikova, direktur Rumah Sakit Universitas FD Roosevelt di Banska Bystrica tempat Fico dirawat, mengatakan perdana menteri telah menjalani operasi selama lima jam dengan dua tim untuk mengobati beberapa luka tembak.

"Saat ini kondisinya sudah stabil namun kondisinya sangat serius, dia akan dirawat di unit perawatan intensif," katanya kepada wartawan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanggapan Mahasiswa Asing Soal Rencana Australia Membatasi Jumlah Mereka

Berita Terkait