Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, rangkuman berita-berita dari penjuru dunia yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Edisi Kamis, 16 Mei 2024 kami awali dengan peristiwa penembakan Perdana Menteri Slovakia.

BACA JUGA: Ramai-Ramai Tolak RUU Penyiaran: Makin Dilarang, Makin Berkarya

Upaya pembunuhan 'bermotif politik'

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico ditembak lima kali setelah menghadiri rapaf di kota Handlova, Rabu kemarin.

Kementrian Dalam Negeri Slovakia menyebutnya sebagai "upaya pembunuhan".

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Aktivis Thailand Meninggal Setelah Mogok Makan di Penjara

"(Upaya) pembunuhan ini bermotif politik dan dilakukan setelah pemilihan presiden," kata Sutaj Estok, mengacu pada pemilu bulan April yang dimenangkan PM Robert.

Ia juga mengatakan Robert berada dalam kondisi yang "mengancam jiwa", dan juru bicara rumah sakit terdekat mengatakan PM yang berusia 59 tahun itu dalam keadaan sadar ketika dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

BACA JUGA: Tanggapan Mahasiswa Asing Soal Rencana Australia Membatasi Jumlah Mereka

Mahasiswa menduduki kampus

Mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi di kota Melbourne menggelar unjuk rasa dengan berkemah dan kemarin turun ke jalanan pusat kota, sementara pihak universitas terus mendesak para pendukung Palestina tersebut untuk membongkar perkemahan yang didirikan di halaman kampus.

Rabu kemarin mahasiswa di University of Melbourne menduduki salah satu gedung di dalam kampus dan diminta pihak kampus untuk keluar dari gedung.

Tapi para mahasiswa malahan mendirikan tenda-tenda, serta matras di dalam gedung yang bernama Arts West tersebut.Presiden Putin berkunjung ke Tiongkok

Presiden Rusia Vladimir Putin mendarat di Beijing, Tiongkok hari ini untuk kunjungan kenegaraan selama dua hari.

Kunjungannya dinilai sebagai bentuk persatuan antara dua negara bersekutu, saat Rusia semakin bergantung secara ekonomi pada Tiongkok setelah perang di Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan media Tiongkok, Putin mengatakan Kremlin siap untuk bernegosiasi soal konflik di Ukraina.

"Kami terbuka untuk berdialog mengenai Ukraina, namun perundingan tersebut harus mempertimbangkan kepentingan semua negara yang terlibat dalam konflik, termasuk kepentingan kami," kata Presiden Putin seperti dikutip kantor berita Xinhua.Pengkritik pemerintah Tunisia ditangkap

Dua jurnalis ditahan di Tunisia setelah ada serangkaian penangkapan yang menargetkan para pengkritik pemerintah termasuk pengacara dan pers.

Pihak berwenang di Tunisia pekan ini mengancam mereka yang dianggap sebagai penentang pemerintahan Presiden Kais Saied.

Aktivis migrasi Saadia Mosbah, juru kamera 24 Prancis Hamdi Tlili dan pengacara Sonia Dahmani termasuk di antara mereka yang ditahan, namun Hamdi dilaporkan suddah dibebaskan.

Kemarin, jurnalis radio Borhen Bsaies dan kolumnis opini Mourad Zeghidi ditahan karena dituduh melanggar undang-undang kejahatan dunia maya yang melarang penayangan berita palsu dan merusak keamanan negara.Janji perdana menteri Singapura yang baru

Perdana Menteri baru Singapura Lawrence Wong berjanji untuk membuat "hari esok lebih baik dari hari ini", saat ia mengambil sumpah jabatannya kemarin.

PM Wong, 51 tahun, adalah seorang ekonom lulusan Amerika Serikat, menggantikan Lee Hsien Loong, yang mengundurkan diri setelah dua dekade menjabat.

Mundurnya Lee menandai berakhirnya dinasti keluarga yang dipimpin oleh ayahnya Lee Kuan Yew, pemimpin pertama Singapura, yang membangun Singapura menjadi salah satu negara terkaya di dunia selama 31 tahun menjabat.

PM Wong memberikan penghormatan kepada para pendahulunya, dengan mengatakan "kita berdiri di atas bahu para pembesar", tapi ia juga menegaskan gaya kepemimpinannya nanti akan berbeda.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Empat Warga India Tewas Tertimpa Papan Reklame

Berita Terkait