Selamat datang di hari terakhir bulan ini.

Semoga kita semua masih sehat dan semangat menuntaskan semua kewajiban kita. Untuk melengkapi hari Anda, kami hadirkan informasi pilihan dari sejumlah tempat yang kami rangkum dalam Dunia Hari Ini.

BACA JUGA: Warga Diimbau Waspadai Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang

Berita yang pertama dalam edisi Selasa, 30 April 2024 datang dari timur Indonesia.Erupsi lagi, status Gunung Ruang naik 

Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara kembali mengalami erupsi Selasa (30/04) hari ini.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Tornado Tewaskan 4 Orang di Oklahoma

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah utara.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui aplikasi MAGMA Indonesia menyebut visual letusan tidak teramati.

BACA JUGA: Dick Tamimi: Sosok di Balik Band Dara Puspita yang Pernah Dituduh Menyelundupkan Emas

Namun dalam laporannya menjelang pagi hari ini, Kepala Pos PGA Sitaro Yudia Tatipang mengatakan, erupsi tengah berlangsung.

"Dan saat ini Gunungapi Ruang dinaikan status dari level III (siaga) menjadi level IV (awas)," ujarnya.

Untuk itu diimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Api Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif.

Sementara di Indonesia aktivitas Gunung Ruang meningkat, di negara-negara tetangga cuaca ekstrem mengancam.Gelombang panas menerjang Asia Tenggara

Filipina telah meliburkan sekolah dan memperingatkan akan adanya kelebihan beban pada jaringan listriknya, ketika pihak berwenang di seluruh Asia Tenggara mengeluarkan peringatan kesehatan untuk gelombang panas yang mematikan.

"Kami sudah mendapat laporan kasus tekanan darah tinggi dan pusing, serta bagaimana siswa dan guru ada yang pingsan dalam beberapa hari terakhir," kata Benjo Basas, ketua Koalisi Guru kepada stasiun radio DWPM.

Suhu di Filipina diperkirakan mencapai 37 derajat Celcius dalam tiga hari ke depan, dengan banyak ruang kelas yang penuh sesak dan tanpa AC.

Di Thailand, suhu diperkirakan akan melewati 40 derajat di Bangkok dan wilayah tengah dan utara negara tersebut. Badan meteorologi menyarankan masyarakat untuk menghindari berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Suhu maksimum di beberapa bagian utara dan tengah Vietnam berkisar antara 40,2 dan 44 derajat Celcius, kata badan meteorologi negara itu dan temperatur tersebut tidak akan berubah hingga hari Rabu.Pemimpin Kepulauan Solomon mundur dari pencalonan perdana menteri

Politisi kontroversial Manasseh Sogavare yang menduduki jabatan keempatnya sebagai perdana menteri menjelang pemilu 17 April, mengumumkan pada hari Senin (29/04) bahwa ia tidak akan ikut serta.

Ia mengatakan telah "difitnah oleh media" dan keluarganya telah menjadi sasaran "pelecehan yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Partai politiknya memperoleh 15 kursi pada pemilu nasional, kehilangan lebih dari separuh dari 37 anggota parlemen pada pemilu tersebut.

Posisinya sebagai calon perdana menteri dari partainya digantikan oleh Menteri Luar Negeri Jeremiah Manele.

Manasseh menjadi berita utama internasional ketika menandatangani pakta keamanan kontroversial dengan Tiongkok pada tahun 2022 setelah mengalihkan hubungan diplomatik negara tersebut dari Taiwan.Adu jotos Mike Tyson vs Jake Paul akan jadi laga profesional

Pertarungan petinju legendaris Mike Tyson dan petarung YouTuber Jake Paul pada 20 Juli di Texas akan menjadi pertarungan profesional dan sah yang akan mengandalkan rekor kedua pria tersebut.

Pertandingan kelas berat, yang akan disiarkan langsung di Netflix, akan diperebutkan dalam delapan ronde berdurasi dua menit dengan sarung tangan 14 ons di kandang Dallas Cowboys NFL yang berkapasitas 80.000 kursi di Arlington.

Tyson, salah satu petinju paling ditakuti dalam sejarah, akan berusia 58 tahun ketika ia memasuki ring untuk pertama kalinya sejak pertarungan eksibisinya pada November 2020 melawan Roy Jones Jr, yang berakhir imbang.

Tadinya diperkirakan pertarungan antara Tyson (50-6, 44 KO) dan Paul yang berusia 27 tahun (9-1, 6 KO) hanya akan menjadi pertarungan eksibisi karena usia Tyson, tetapi Departemen Perizinan dan Regulasi Texas (TDLR) tetap menyetujuinya sebagai pertandingan profesional.

Menurut ESPN, perbedaan usia 31 tahun antara kedua petinju itu adalah kesenjangan usia yang terbesar dalam sejarah tinju profesional.

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Timnas Indonesia Mengalahkan Korea Selatan Dalam Piala Asia U-23

Berita Terkait