Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, rangkuman sejumlah berita pilihan dari berbagai negara yang terjadi selama 24 jam terakhir.

Kita awali dengan berita dari India.

BACA JUGA: Family Office di Indonesia: Apa Untungnya, Apa Risikonya?

Banjir menewaskan warga

Banjir bandang dan hujan lebat sudah melanda kawasan pertanian dan pemukiman di negara Assam, India sejak bulan Mei lalu.

Setidaknya tujuh orang tewas pekan ini, kata otoritas penanggulangan bencana setempat, dengan total 79 orang tewas sejak banjir mulai terjadi.

BACA JUGA: Banjir di Kota Gorontalo Kian Meluas, Rendam 6 Kecamatan

Ribuan orang juga telah dilaporkan mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Departemen cuaca India mengumumkan hujan deras juga diperkirakan akan melanda negara bagian utara dan timur laut selama dua hingga tiga hari ke depan, yang dapat memperburuk situasi.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Operasi Pencarian Korban Longsor Gorontalo Diteruskan

Hasyim Asy'ari diberhentikan secara tidak hormat

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Presiden Joko Widodo resmi memberhentikan Hasyim Asy'ari sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara tidak hormat melalui Keputusan Presiden yang ditandatangani pada 9 Juli 2024.

Menurut Ari Dwipayana, pemecatan dilakukan sebagai tindak lanjut dari putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang menyatakan "Hasyim terbukti melakukan tindakan asusila."

Komnas Perempuan mengapresiasi langkah presiden dan berharap kasus kekerasan seksual ini bisa menjadi pelajaran.

"Kami mengharapkan kasus Hasyim Asy'ari ini menjadi pembelajaran bagi bangsa ini akan pentingnya proses ketat pemilihan para komisioner, pengawasan, dan penegakan etika penyelenggara Pemilu, serta penyusunan mekanisme pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS) sebagai bagian dari upaya membangun pemilu yang bebas dari kekerasan," kata Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah Tardi, kepada wartawan, Rabu (10/7/2024).Jasad pendaki AS ditemukan utuh 22 tahun kemudian

Tubuh dari Bill Stampfl, pendaki asal Amerika Serikat yang hilang di Peru, ditemukan oleh dua pendaki.

Bill, 59 tahun, dilaporkan hilang hampir 22 tahun akibat longsoran salju di Gunung Huascara.

Polisi mengatakan tubuh dan pakaian Bill awet oleh es dan suhu yang sangat dingin, begitu juga cincin kawin emas masih ada di tangan kirinya, serta tas pinggang berisi SIM, kacamata hitam, kamera, perekam suara, dan dua lembar uang $20 yang masih masih utuh. 

"Saya belum pernah melihat hal seperti itu," kata Lenin Alvarado, salah satu petugas polisi.Kalahkan Belanda 2-1, Inggris bertemu Spanyol di Final Euro 2024

Gol pembuka Xavi Simons memberi Belanda keunggulan awal, tetapi Inggris segera membalas melalui penalti Harry Kane.

Inggris mendominasi babak pertama, tetapi selain tendangan Phil Foden yang membentur tiang dan tembakannya terhenti di garis, Inggris tidak bisa menerobos pertahanan Belanda untuk mencetak gol kedua.

Permainan Belanda sebenarnya semakin berkembang di babak kedua, namun kerja sama pemain pengganti Inggris Cole Palmer dan Ollie Watkins di masa tambahan waktu berbuah gol Watkins yang mengantarkan timnya ke Final Euro 2024.

Inggris akan berhadapan dengan Spanyol pada laga final di Berlin hari Minggu (14/07) waktu setempat.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Pegi Setiawan Bebas

Berita Terkait