Selamat memasuki pekan yang baru! Semoga semua tugas dan tanggung jawab kita di pekan ini dapat terlaksana dengan baik.

Sejumlah informasi pilihan dari berbagai negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir sudah kami rangkum untuk Anda.

BACA JUGA: Tim BTB Diterjunkan untuk Membantu Korban Banjir di OKU

Dunia Hari Ini edisi Senin, 13 Mei 2024 kita awali dari Indonesia.Puluhan tewas akibat longsor lahar dingin 

Setidaknya 37 orang tewas akibat hujan muson yang menyebabkan banjir lahar dingin dari Gunung Marapi di Sumatra Barat.

BACA JUGA: 254 Warga Ampek Angkek Agam Terdampak Galodo Gunung Marapi

Gunung Marapi adalah gunung berapi aktif yang meletus akhir tahun lalu hingga menewaskan 23 pendaki.

Lahar dingin merupakan campuran material vulkanik dan kerikil yang mengalir menuruni lereng gunung berapi saat hujan.

BACA JUGA: 43 Orang Meninggal Dunia Akibat Galodo di Sumbar

Sungai yang meluap kibat lahar dingin itu kemudian menerjang desa-desa di lereng pegunungan dan mengakibatkan sejumlah tanah longsor.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan banjir telah menghanyutkan sejumlah warga dan merendam lebih dari 100 rumah dan bangunan.Lebih dari 300 orang di Afghanistan tewas

Menurut badan pangan PBB, hujan musiman yang sangat deras di Afghanistan sudah menewaskan lebih dari 300 orang dan menghancurkan 1.000 rumah.

Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan pihaknya mendistribusikan biskuit kepada para penyintas banjir yang melanda Afghanistan selama beberapa minggu terakhir, yang sebagian besar berada di provinsi utara Baghlan.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan puluhan orang berkumpul pada akhir pekan di belakang rumah sakit di Baghlan untuk mencari keluarga mereka yang dilaporkan hilang. Seorang pejabat mengatakan warga harus mulai menggali kuburan, sementara pekerja pemerintah sedang sibuk mempersiapkan jenazah untuk dimakamkan.

Richard Bennett dari PBB untuk hak asasi manusia di Afghanistan, mengatakan di X jika banjir adalah pengingat soal kerentanan Afghanistan terhadap krisis iklim.Pasien transplantasi ginjal babi hasil rekayasa genetika meninggal dunia

Pasien tersebut meninggal hampir dua bulan setelah ia menjalani prosedurnya.

Richard "Rick" Slayman menjalani transplantasi di Rumah Sakit Umum Massachusetts pada bulan Maret, saat berusia 62 tahun. Ahli bedah mengatakan mereka yakin ginjal itu akan bertahan setidaknya selama dua tahun.

Dalam pernyataannya, tim transplantasi di Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan mereka sangat sedih atas meninggalnya Rick dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarganya.

Rick menjadi orang pertama yang menjalani prosedur ini.

Saat ini disebutkan jika tidak ada indikasi Rick meninggal akibat transplantasi yang dijalaninya.Rusia menyalahkan Ukraina atas ledakan gedung apartemen

Minggu kemarin, blok apartemen di kota Belgorod, perbatasan Rusia, runtuh sebagian hingga menewaskan setidaknya sembilan orang dan melukai puluhan lainnya.

Rekaman dari tempat kejadian menunjukkan setidaknya bangunan 10 lantai itu runtuh. Kemudian atap bangunan runtuh dan orang-orang berlarian menyelamatkan diri.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan ledakan sebagai sebuah "serangan teroris terhadap wilayah pemukiman", melibatkan sedikitnya 12 rudal.

Kota-kota di Rusia barat sering diserang drone dalam setahun terakhir, namun Pejabat Ukraina tidak pernah mengaku bertanggung jawab atas serangan di wilayah Rusia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sumatra Barat Dilanda Musibah, Atta Halilintar Kirim Doa

Berita Terkait