Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Senin, 15 Januari 2024.

Sejumlah informasi terkini yang terjadi dalam 24 jam sudah kami rangkum, agar memudahkan Anda mengikuti perkembangan dunia.

BACA JUGA: Menatap Rencana Indonesia Menjadi Pusat Manufaktur Kendaraan Listrik Asia

Denmark punya raja baru

Pangeran Frederik X dan Putri Mary, yang lahir di Australia, sudah diangkat sebagai Raja dan Ratu Denmark di balkon Istana Christiansborg, Kopenhagen.

Suksesi ini terjadi dua minggu setelah Ratu Margrethe II secara mengejutkan mengumumkan keputusannya pada malam tahun baru untuk turun tahta setelah 52 tahun mengabdi.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Israel Membunuh 250 Warga Palestina di Gaza Setiap Hari

"Harapan saya adalah menjadi raja pemersatu di masa depan," kata Frederik dalam pidato pertamanya sebagai Raja.

"Saya ingin membalas kepercayaan yang saya dapatkani. Saya butuh kepercayaan dari istriku tercinta, kamu dan yang lebih besar dari kita."

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Sidang Genosida Israel Digelar, Indonesia Dukung Afrika Selatan

Seratus hari konflik Hamas-Israel

Hari Minggu menandai 100 hari sejak serangan 7 Oktober yang dilakukan Hamas, kemudian dibalas oleh militer Israel dengan menggempur Gaza.

Kemarin tank dan pesawat Israel masih menyerang Gaza selatan dan baku tembak terjadi secara sengit di beberapa daerah.

Layanan komunikasi dan internet terputus selama tiga hari berturut-turut, sehingga mempersulit pekerjaan kru darurat dan ambulans yang berusaha membantu warga Palestina.

Juru bicara sayap bersenjata Hamas, Abu Ubaida, mengatakan nasib sandera Israel masih belum diketahui.

Ia mengatakan banyak sandera "mungkin telah terbunuh" akibat serangan Israel.Gunung berapi Islandia meletus

Meletusnya sebuah gunung berapi di barat daya Islandia sempat dikhawatirkan mengancam keselamatan kota nelayan terdekat, tapi warga sudah dievakuasi.

"Tidak ada nyawa yang terancam, meskipun infrastruktur mungkin terancam," kata Presiden Islandia Gudni Johannesson di situs media sosial X.

Letusan terjadi di utara kota Grindavik, yang pada hari Sabtu dilakukan evakuasi untuk kedua kalinya karena ada kekhawatiran di tengah serangkaian aktivitas seismik.

Pihak berwenang sudah membangun penghalang dari tanah dan batu dalam beberapa pekan terakhir untuk mencegah lava mencapai Grindavik, sekitar 40 kilometer barat daya ibu kota Reykjavik, namun letusan terbaru tampaknya menembus pertahanan kota.Reaksi dunia terhadap hasil Pemilu Taiwan

Beberapa pemimpin dunia memberikan tanggapan atas kemenangan Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik dalam pemilihan presiden di Taiwan.

Partai Lai memperjuangkan identitas Taiwan yang terpisah dan menolak klaim teritorial Tiongkok.

Tiongkok mengatakan kemenangan Lai tidak akan mengubah hubungan di antara keduanya.

Presiden Amerika Joe Biden mengatakan "kami tidak mendukung kemerdekaan" Taiwan, ketika ditanya soal hasil pilpres.

Amerika Serikat lebih mengedepankan dialog antara Tiongkok dan Taiwan untuk menyelesaikan masalah secara damai, begitu juga dengan Inggris dan Jepang. Sementara Rusia masih menganggap Taiwan sebagai bagian penting dari Tiongkok.Puluhan perenang nyaris tenggelam di Sydney

Minggu kemarin, puluhan perenang nyaris tenggelam saat sedang mengikuti perlombaan seri Ironmen dan Ironwomen di Pantai Maroubra, Sydney.

Salah satu orang pertama yang memberikan bantuan adalah Lana Rogers, juara Ironwoman, yang melihat "20 hingga 30 orang" dalam kesulitan di lautan.

Menurut penyelenggara kompetisi, rombongan tersebut termasuk turis dan anak-anak.

"Air bergerak sangat cepat dan ombak menyeret mereka ke laut," kata Lana.

"Beruntung kami semua masih di sini. Sekitar 20 atlet berusaha untuk menyelamatkannya."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Prancis Punya Perdana Menteri Gay untuk Pertama Kalinya

Berita Terkait