Kami sudah merangkum sejumlah informasi dari berbagai negara agar Anda bisa dengan cepat mengikuti perkembangan dunia.

Inilah Dunia Hari Ini, edisi Senin 18 September 2023.

BACA JUGA: Bima Sakti Beberkan Kondisi Pemain Timnas U-17 Indonesia Sebelum TC ke Jerman

Gerbang bersejarah disemprot cat

Gerbang Brandenburg di Berlin dicat oranye sebagai bentuk tuntutan warga agar pemerintah Jerman mengambil langkah untuk segera mengatasi perubahan iklim.

Anggota kelompok Last Generation menggunakan alat semprot pemadam kebakaran yang diisi cat untuk mengecat keenam kolom bangunan terkenal tersebut.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Ginjal Babi Berfungsi pada Otak Manusia yang Sudah Mati

"Protes ini jelas: Saatnya untuk perubahan politik," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, yang juga meminta pemerintah menghentikan penggunaan bahan bakar fosil.

"Kelompok ini tidak hanya merusak Gerbang Brandenburg yang bersejarah, tapi juga merusak kebebasan berekspresi kita mengenai isu-isu penting di zaman dan masa depan kita," kata Kai Wegner, Walikota Berlin.

BACA JUGA: Kredibiltas Instan dan Tren Mewah Virtual Sneaker

Unjuk rasa jelang pertemuan perubahan iklim

Puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan di New York, di mana para pemimpin dunia akan bertemu untuk KTT PBB soal perubahan iklim pekan ini.

Acara March to End Fossil Fuels akan menampilkan politisi Amerika Serikat seperti Alexandria Ocasio-Cortez, juga sejumlah artis ternama, di antaranya. Susan Sarandon dan Ethan Hawke.

Sekitar 75.000 orang memadati pusat kota New York, memprotes kebijakan energi dan penggunaan bahan bakar fosil.Situs baru warisan dunia di Palestina

Pertemuan komite warisan dunia dari PBB memutuskan untuk memasukkan reruntuhan prasejarah di dekat kota kuno Jericho sebagai Situs Warisan Dunia di Palestina, yang diduduki Israel.

Situs arkeologi Tell es-Sultan berisi reruntuhan prasejarah yang berasal dari milenium kesembilan sebelum masehi.

"Pemukiman permanen sudah ada di sini sejak milenium ke-9 hingga ke-8 sebelum masehi, karena tanah oasis yang subur dan akses air yang mudah," jelas UNESCO di situsnya.

Keputusan ini mendapat kecaman dari Israel, seperti dikatakan Kementerian Luar Negeri Israel yang menganggap keputusan ini sebagai sikap sinis Palestina terhadap UNESCO dan politisasi organisasi tersebut.BBC buka suara soal kasus komediannya

Lembaga penyiaran publik, BBC Inggris mengatakan pihaknya "segera menyelidiki permasalahan" yang timbul dari tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan terhadap mantan karyawannya, Russell Brand, yang juga komedian dan aktor.

Russell dituduh melakukan pemerkosaan dan pelecehan seksual antara tahun 2006 dan 2013, setelah ada penyelidikan bersama oleh Channel 4, Times dan Sunday Times.

Pria berusia 48 tahun, yang juga mantan suami penyanyi Katy Perry tersebut bekerja di program radio BBC antara tahun 2006 dan 2008.

Russell membantah semua tuduhan dan mengatakan semua hubungannya dilakukan atas dasar suka sama suka.Gedung 18 lantai di Sudan terbakar

Gedung Greater Nile Petroleum Oil Company Tower, yang terletak di pusat kota Khartoum, terbakar Minggu kemarin, saat terjadi bentrokan antara tentara Sudan dan Rapid Support Forces, menurut media Sudan.

Tidak jelas bagaimana kebakaran itu terjadi atau apakah ada orang yang tewas.

Video yang beredar online menunjukkan asap gelap membubung dari gedung yang jadi salah satu tertinggi di ibu kota Sudan.

Sudan sudah diguncang kekerasan sejak pertengahan April, ketika ketegangan terjadi antara pihak militer yang dipimpin oleh Jenderal Abdel Fattah Burhan, dan pasukan Rapid Support Forces pimpinan Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Masih Banyak Warga Libya yang Hilang Akibat Banjir

Berita Terkait