Anda sedang membaca Dunia Hari Ini edisi Jumat, 11 Agustus 2023.

Kami sudah merangkum kejadian di belahan dunia dalam 24 jam terakhir, agar Anda mudah mengikuti perkembangan dunia.

BACA JUGA: Malaysia Ikuti Jejak Indonesia Tangguhkan Impor Sapi Hidup Australia

Ibu dan anak terbang ke luar angkasa 

Virgin Galactic meluncurkan penerbangan wisata pertamanya ke luar angkasa, dengan jarak tempuh jarak 88 kilometer selama 15 menit.

Penerbangan dari perusahaan milik Richard Branson ini membawa Jon Goodwin, mantan atlet kano asal Inggris yang pernah bertanding di Olimpiade 1972.

BACA JUGA: Warga Australia yang Kecelakaan Motor di Bali Tak Ditanggung Asuransi

"Jadi hal terhebat yang pernah saya lakukan dalam hidup saya," katanya.

Dalam penerbangan itu juga ada pemenang undian Keisha Schahaff, seorang pelatih kesehatan dari Antigua, dan putrinya, Anastatia Mayers.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Influencer Lil Tay Meninggal Dunia pada Usia 14 Tahun

"Saya tidak bisa berkata-kata. Satu-satunya pikiran saya sepanjang perjalanan adalah 'Wow!'" kata Anastatia.Pulau Maui diumumkan sebagai zona bencana

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengumumkan situasi kebakaran yang terjadi di pulau di kawasan Hawaii sebagai "bencana besar" serta berjanji mengirim lebih banyak bantuan.

Kota Lahaina di sisi barat hancur, ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan berada di tempat penampungan.

Gubernur Hawaii Josh Green mengatakan 53 orang telah tewas dalam kebakaran hutan Maui, dan jumlah korban tewas kemungkinan akan terus meningkat.

Diperkirakan ini akan jadi bencana alam paling mematikan di Hawaii sejak tsunami di tahun 1961 yang menewaskan 61 orang.Rusia kembali luncurkan misi ke bulan

Peluncuran pesawat Luna-25 ke Bulan menjadi yang pertama yang dilakukan Rusia sejak 1976, ketika namanya masih Uni Soviet.

Pendarat bulan Rusia diharapkan mencapai Bulan pada 23 Agustus, kira-kira pada hari yang sama dengan pesawat India, yang diluncurkan pada 14 Juli.

Roscosmos, badan antariksa Rusia, mengatakan ingin menunjukkan Rusia "adalah negara yang mampu mengirimkan muatan ke bulan", dan "memastikan jaminan akses Rusia ke permukaan Bulan".

"Tujuannya adalah persaingan politik antara dua negara adidaya, Tiongkok dan Amerika Serikat dan sejumlah negara lain, yang juga ingin mengklaim gelar adidaya antariksa," kata Vitaly Egorov, seorang analis luar angkasa populer Rusia.Trump tuding ada permainan politik

Mantan Presiden AS Donald Trump mengatakan persidangan kasusnya harus dilakukan setelah pemilu di Amerika Serikat tahun depan.

"Pengadilan seperti itu …… seharusnya hanya terjadi, kalau pun ada, SETELAH PEMILU," tulis Trump dalam unggahan di akun Truth Social miliknya.

Penasihat Khusus Jack Smith meminta hakim untuk memulai persidangan pada 2 Januari, atau dua minggu sebelum pemungutan suara pertama dalam pemilihan pendahuluan presiden dari Partai Republik 2024.

Jack mengatakan minat publik menjadi "sangat penting di sini, di mana terdakwa, mantan presiden, dituduh berkonspirasi untuk membatalkan hasil sah pemilihan presiden 2020, menghalangi pengesahan hasil pemilihan, dan mengurangi suara sah warga negara."

Seorang juru bicara Trump mengatakan Smith dan Departemen Kehakiman "secara terang-terangan memainkan permainan politik."Pagelaran Emmy Award 2023 ditunda

Penghargaan Emmy tahun ini akan ditunda karena aksi mogok yang sedang berlangsung di Hollywood.

Keputusan ini dibuat setelah nominasi 2023 diumumkan, dengan Succession, The Last of Us, dan The White Lotus banyak mendapat nominasi.

Emmy Awards 2023 baru akan digelar pada Januari 2024.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Puteri Indonesia 2022 Membahas Body Checking di Tengah Isu Pelecehan Seksual

Berita Terkait