Dunia Hari Ini kembali untuk menyajikan berita dari beberapa belahan dunia selama 24 jam terakhir.

Berita utama kami laporkan dari Indonesia.

BACA JUGA: Putusan Anwar Usman Kental Menguntungkan Keluarga, Lebih Baik Mundur Saja dari MK

Jokowi-Biden akan bahas kemitraan mineral baterai kendaraan listrik

Amerika Serikat dan Indonesia akan membahas cara memajukan kemitraan mineral potensial untuk merangsang perdagangan nikel logam baterai kendaraan listrik (EV).

Langkah selanjutnya menuju negosiasi formal kemitraan ini akan dibahas saat Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden hari ini.

BACA JUGA: Bicara Netralitas, TPN Ganjar Singgung Status Jokowi Mendukung Gibran 

Seorang sumber mengatakan Biden masih mengkhawatirkan standar lingkungan, sosial, dan tata kelola di Indonesia dan sedang mengkaji bagaimana kesepakatan tersebut bisa berjalan.

Pemerintah Indonesia juga berencana untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan anggota parlemen dan kelompok buruh Amerika dalam beberapa minggu mendatang.

BACA JUGA: Mendagri Tito Apresiasi Inflasi Oktober Terkendali, Ingatkan Kepala Daerah Tak Terlena

Indonesia, yang memiliki cadangan bijih nikel terbesar di dunia, pada bulan September meminta Amerika Serikat untuk memulai diskusi mengenai kesepakatan perdagangan mineral penting sehingga ekspor dari negara Asia Tenggara tersebut dapat tercakup dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA) AS.Perkembangan di Gaza

Dua rumah sakit besar di Gaza tidak menerima pasien baru lagi kemarin. Staf mengatakan pemboman Israel, di samping kurangnya bahan bakar dan obat-obatan bisa menyebabkan lebih banyak bayi dan warga meninggal dunia.

Petugas medis mengatakan rumah sakit di wilayah utara Palestina diblokade oleh pasukan Israel sehingga mereka hampir tidak mampu merawat pasien di sana.

Rumah sakit terbesar di Gaza, Al Shifa dan Al-Quds, mengatakan mereka akan berhenti beroperasi.

Dengan semakin banyaknya orang yang terbunuh dan terluka setiap harinya, dan setengah dari rumah sakit di wilayah tersebut kini tidak berfungsi, semakin sedikit pula tempat untuk menampung korban luka.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pihak WHO berhasil berkomunikasi dengan petugas kesehatan di Shifaseraya.Islandia bersiap menghadapi letusan gunung berapi

Pihak berwenang Islandia mengatakan Sabtu kemarin bahwa mereka sedang bersiap menghadapi letusan gunung berapi di barat daya pulau itu dalam beberapa hari mendatang setelah serangkaian gempa bumi dan bukti magma menyebar dengan cepat di bawah tanah.

Kantor Meteorologi Islandia mengatakan ada risiko besar terjadinya letusan di atau dekat semenanjung Reykjanes karena besarnya intrusi dan kecepatan pergerakan magma bawah tanah.

"Kemungkinan terjadinya letusan meningkat sejak pagi ini dan letusan dapat terjadi kapan saja dalam beberapa hari ke depan," bunyi pernyataannya.

Badan Perlindungan Sipil Islandia semalam memerintahkan evakuasi menyeluruh terhadap Grindavik, sebuah kota nelayan yang berpenduduk sekitar 3.000 jiwa.Singa lolos, warga 'lockdown'

Pawang singa yang lolos dari sirkus hingga membuat sebuah kota di Italia ditutup atau 'lockdown', dianggap tidak menimbulkan ancaman bagi penduduk setempat.

Penduduk kota tepi laut Ladispoli, dekat Roma, diperintahkan untuk tinggal di dalam rumah selama lebih dari lima jam, sementara polisi, dokter hewan, dan staf sirkus mencoba mencari singa tersebut, membiusnya dan kemudian mengembalikannya ke kandang.

Video yang tampaknya diambil oleh penduduk setempat, menunjukkan singa dewasa dengan surai berbulu lebat berjalan melalui jalan-jalan perumahan yang gelap dan sepi, serta melewati mobil yang diparkir.

Namun Rony Vassallo, pawang yang bertanggung jawab atas hewan-hewan di Rony Roller Circus, mengatakan meskipun singa tersebut kesannya akan membuat kebanyakan orang takut, namun Kimba yang berusia delapan tahun tidak menimbulkan bahaya apa pun.

"Ia bertemu dengan orang-orang di lingkungan yang tidak biasa … dan tidak terjadi apa-apa, dia bahkan tidak memiliki naluri untuk menyerang seseorang sedetik pun," katanya kepada AFP di lokasi sirkus.

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kunjungi Proses Perakitan Notebook Oleh Siswa SMK di Purwakarta, Jokowi Bilang Begini

Berita Terkait