Anda sedang membaca rangkuman berita-berita pilihan dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir.Dunia Hari Ini, edisi Rabu, 25 Juni 2024, kita awali dengan perkembangan pembebasan Julian AssangeJulian Assange bebas

Julian Assange resmi bebas, setelah hakim Amerika Serikat di Saipan memvonisnya dengan hukuman penjara yang sudahdijalaninya.

BACA JUGA: Silang Sengkarut Fakta di Balik Kasus Kematian Afif Maulana

Pendiri WikiLeaks tersebut mengaku bersalah atas satu tuduhan konspirasi, terkait dengan publikasi dokumen rahasia Amerika Serikat pada tahun 2010.

Julian, 52 tahun, sudah menjalani hukuman lima tahun di penjara Inggris sebelum kesepakatan pembelaan dicapai.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Julian Assange, Pendiri Wikileaks, Keluar dari Penjara di Inggris

Sekarang ia terbang pulang ke Canberra untuk bertemu istri dan dua anaknya. Kerusuhan di Nairobi

Setidaknya ada lima jasad pengunjuk rasa yang ditemukan di luar gedung parlemen Kenya, menurut kantor berita Reuters, sementara paramedis Vivian Achista mengatakan kepada kantor berita tersebut setidaknya 10 orang tewas dalam kekerasan tersebut.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Mal di Australia Selatan Terapkan Lockdown, Dua Remaja Ditangkap

Para pengunjuk rasa menentang kenaikan pajak di Kenya karena semakin mahalnya biaya hidup, kebanyakan juga menyerukan agar Presiden William Ruto mundur.

"Kami ingin menutup parlemen dan setiap anggota parlemen harus mundur dan mengundurkan diri," kata salah satu pengunjuk rasa, Davis Tafari, yang mencoba memasuki parlemen, kepada Reuters.

Pihak kepolisian dilaporkan menembak para pengunjuk rasa, yang kemudian memasuki kawasan gedung parlemen.Delapan orang tewas akibat kebakaran kantor

Kantor berita negara Tass mengatakan kebakaran terjadi di Fryazino, sekitar 25 kilometer timur laut kota Moskow, disebabkan oleh sistem kelistrikan yang tidak berfungsi.

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan kepulan asap tebal membubung dari gedung perkantoran bertingkat, dan orang-orang terjebak di dekat jendela.

Dalam unggahan di Telegram, gubernur Andrei Vorobyev mengatakan tangki oksigen yang disimpan di gedung itu meledak, menyebabkan beberapa langit-langit runtuh.

Dia mengatakan kantor di gedung itu disewa oleh 30 perusahaan.Pendaki California ditemukan selamat

Seorang pendaki yang hilang selama 10 hari di Pegunungan Santa Cruz, California Utara, ditemukan dalam keadaan selamat, setelah berhasil menampung air di sepatunya.

Lukas McClish, 34 tahun, meninggalkan desa Boulder Creek untuk melakukan pendakian selama tiga jam pada 11 Juni.

Kantor Sheriff Santa Cruz County melaporkannya hilang pada 16 Juni.

Saksi mendengar seseorang berteriak minta tolong pada hari Kamis dan para pencari berhasil menemukan Lukas dengan menggunakan drone di Taman Negara Bagian Big Basin Redwoods, lebih dari 11 kilometer dari Boulder Creek.Komnas HAM anggap kasus Afif Maulana butuh respon segera

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengatakan sudah menerima laporan tentang dugaan penyiksaan laki-laki asal Padang berusia 13 tahun bernama Afif Maulana.

"Sudah sejak Kamis kemarin sebenarnya, bahkan sudah sampai pemeriksaan alat bukti dan sebagainya," ujar Komisioner Bidang Pengaduan Komnas HAM Hari Kurniawan, dikutip Tempo.

Karena melibatkan anak, Komnas HAM menetapkan bahwa kasus ini membutuhkan 'urgent response' atau respon segera.

Perwakilan Komnas HAM di Padang dilaporkan masih mengumpulkan barang bukti dan keterangan saksi yang menyaksikan rangkaian peristiwa maupun mengalami secara langsung.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Gelombang Panas Melanda 3 Benua Sekaligus

Berita Terkait