Di pertengahan pekan ini, kami sajikan sejumlah informasi internasional pilihan ABC Indonesia yang telah kami rangkumkan untuk Anda.

Dunia Hari Ini edisi Rabu, 7 Agustus 2024, akan kita awali dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Perdana Menteri Bangladesh Mengundurkan Diri

Cawapres pilihan Kamala

Calon presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris telah memilih Gubernur Minnesota Tim Walz untuk menjadi calon wakil presidennya dalam pemilihan umum AS 2024.

Harris mengonfirmasi berita tersebut di media sosial pada Selasa (06/08) pagi, waktu setempat.

BACA JUGA: Pilpres AS, Kamala Harris Pilih Tim Walz jadi Cawapres

"Salah satu hal yang menonjol tentang Tim adalah bagaimana keyakinannya dalam memperjuangkan keluarga kelas menengah yang sangat kuat," tulis Kamala.

Mantan guru sekolah tersebut menjabat selama 12 tahun di Kongres sebelum terpilih menjadi gubernur pada tahun 2018.

BACA JUGA: Setelah 18 Bulan Disandera, Pilot Susi Air Akan Segera Dibebaskan?

Ia juga bertugas di Garda Nasional Angkatan Darat dan melatih sepak bola Amerika.

Ia mengatakan bahwa merupakan suatu kehormatan seumur hidup untuk maju dalam Pilpres 2024 bersama Kamala.Hamas umumkan Yahya Sinwar sebagai pemimpin baru

Hamas telah menunjuk pemimpinnya di Gaza, Yahya Sinwar, sebagai pimpinan baru kelompok tersebut, menyusul pembunuhan Ismail Haniyeh di Iran bulan lalu.

Hamas mengonfirmasi keputusan tersebut dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (06/08), waktu setempat.

"Gerakan Perlawanan Islam Hamas mengumumkan pemilihan Komandan Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik gerakan tersebut, menggantikan Komandan Ismail Haniyeh yang telah wafat, semoga Allah merahmatinya," kata gerakan tersebut dalam sebuah pernyataan singkat.

Berita tersebut disambut dengan salvo roket kelompok militan yang masih memerangi pasukan Israel di Gaza.

Sinwar, salah satu arsitek serangan teroris 7 Oktober 2023 di Israel, telah bersembunyi di Gaza untuk menghindari upaya Israel untuk membunuhnya dan menjadi pemimpin Hamas paling berkuasa yang masih hidup setelah Haniyeh tewas.Bangladesh akan dipimpin sementara oleh peraih Nobel

Peraih Nobel Muhammad Yunus akan menjadi penasihat utama pemerintahan sementara Bangladesh setelah perdana menteri Sheikh Hasina mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu.

Media lokal melaporkan, Yunus ditunjuk untuk jabatan tersebut oleh Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin setelah ia mengadakan pertemuan dengan para pemimpin mahasiswa dan kepala tiga angkatan militer.

Yunus, yang telah lama menjadi lawan politik Hasina, diperkirakan akan segera kembali dari Paris, tempat ia menjadi penasihat penyelenggara Olimpiade.

Ia juga menyebut pengunduran diri Hasina sebagai "hari pembebasan kedua" negara itu setelah perang kemerdekaannya dari Pakistan tahun 1971.

Ia tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar, tetapi seorang koordinator unjuk rasa, Nahid Islam, mengatakan Yunus telah setuju untuk memimpin pemerintahan sementara.Arisa Trew, peraih medali emas olimpiade termuda Australia

Arisa Trew telah menjadi peraih medali emas Olimpiade termuda Australia pada usia 14 tahun dan 86 hari.

Rekor peraih medali termuda Australia sebelumnya dipegang oleh perenang Sandra Morgan.

Arisa memenangkan medali emas untuk cabang skateboard park putri di Olimpiade Musim Panas 2024.

Sementara itu, Australia memecahkan rekor dunia nomor beregu putra untuk menempatkan dirinya dalam persaingan untuk meraih medali emas Olimpiade pertamanya dalam cabang olahraga lari sejak tahun 2004.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harris Amankan Tiket Maju Capres AS dari Partai Demokrat

Berita Terkait