Anda sedang membaca rangkuman informasi pilihan dari berbagai negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir. 

Dunia Hari Ini edisi Selasa, 6 Agustus 2024, akan kami awali dari Bangladesh.

BACA JUGA: Setelah 18 Bulan Disandera, Pilot Susi Air Akan Segera Dibebaskan?

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mundur

Sheikh Hasina juga telah meninggalkan Bangladesh setelah berminggu-minggu terjadi protes antipemerintah yang memakan ratusan korban jiwa.

Hasina dan saudara perempuannya dilaporkan telah mendarat dengan helikopter militer di kota Argatala di India timur dan pemerintah India diperkirakan akan menawarkannya tempat perlindungan bagi mereka.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Iran Kumpulkan Sekutu, Bahas Pembalasan Tewasnya Pemimpin Hamas

Media lokal melaporkan ribuan orang telah memasuki Ganabhaban, rumah perdana menteri.

Tayangan televisi menunjukkan massa merangsek masuk ke kediaman tersebut. Beberapa orang terlihat menjarah televisi, kursi, dan meja dari salah satu bangunan yang sebelumnya paling ketat dilindungi di negara itu.

BACA JUGA: Mengapa Pemerintah Indonesia Doyan Menggunakan Jasa Influencer?

Panglima militer Jenderal Waker-Uz-Zaman mengonfirmasi pengunduran diri dan kepergian Hasina dalam pidato yang disiarkan televisi dan mengatakan akan berbicara dengan Presiden Bangladesh, Mohammed Shahabuddin, tentang pembentukan pemerintahan sementara, tetapi tidak menyebutkan apakah ia akan memimpinnya.

Hasina adalah pemimpin perempuan di dunia yang paling lama menjabat.Pilot Selandia Baru dieksekusi kelompok bersenjata

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan kelompok bersenjata Papua telah membunuh seorang pilot helikopter Selandia Baru yang bernama Glen Malcolm Conning dan bekerja untuk perusahaan penerbangan swasta Indonesia, PT Intan Angkasa Air Service.

Kejadian tersebut terjadi saat helikopter tiba di Distrik Alama membawa empat orang penumpang, yang terdiri dari dua orang dewasa tenaga kesehatan, satu bayi, dan satu anak dari Bandara Mozes Kilangin Timika.

"Semua penumpang selamat karena mereka adalah penduduk lokal desa Alama," kata Ramadhani.

Pemberontak menembak mati pilot, memasukkan jasadnya ke dalam helikopter dan membakarnya, menurut pejabat setempat.

Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon mengatakan pemerintahnya mengetahui laporan media tentang insiden tersebut dan kedutaan besarnya di Jakarta sedang mencari informasi lebih lanjut.Google diputus melanggar hukum

Pelanggaran yang dilakukan Google adalah dengan memonopoli pencarian daring dan iklan terkait.

Putusan ini sekaligus menjadi kemenangan pertama Departemen Kehakiman AS (DOJ) melawan monopoli dalam lebih dari 20 tahun.

DOJ menggugat raksasa mesin pencari itu atas kendalinya atas sekitar 90 persen pasar pencarian daring, dan 95 persen pada telepon pintar.

Hakim mencatat bahwa Google telah membayar $26,3 miliar pada tahun 2021 untuk memastikan bahwa pencariannya menjadi default pada telepon pintar dan browser, dan untuk mempertahankan pangsa pasar dominannya.

"Pengadilan mencapai kesimpulan berikut: Google adalah perusahaan monopoli, dan telah bertindak sebagai perusahaan untuk mempertahankan monopolinya," tulis Hakim Distrik AS Amit Mehta.PM Inggris inisiasi 'pasukan tetap' untuk bubarkan perusuh

"Pasukan tetap" polisi spesialis akan dibentuk di Inggris untuk menangani kerusuhan yang dipicu oleh penusukan Southport minggu lalu.

PM Keir Starmer juga mengatakan sistem peradilan akan ditingkatkan untuk menangani ratusan penangkapan yang dilakukan selama kerusuhan, yang telah mengguncang kota-kota di seluruh negeri selama seminggu terakhir.

Pertemuan darurat diadakan pada hari Senin (05/08) setelah pelanggaran hukum yang menurut Starmer disebabkan oleh misinformasi di media sosial yang mencuat setelah serangan penusukan di Southport yang menewaskan tiga anak-anak.

Misinformasi daring menyebut tersangka sebagai seorang Muslim dan pencari suaka, yang mendorong kelompok-kelompok yang diduga menentangnya untuk menyerang komunitas imigran dan Muslim.

"Apa pun motivasinya, ini bukan protes, ini murni kekerasan dan kita tidak akan menoleransi serangan terhadap masjid atau komunitas Muslim kita," kata Starmer pada hari Senin waktu setempat.

"Kekuatan hukum penuh akan dijatuhkan kepada semua orang yang teridentifikasi telah mengambil bagian dalam aksi ini."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Keracunan Makanan Massal di Kantor TikTok Singapura

Berita Terkait