Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Selasa 3 Oktober 2023.

Kami sudah merangkum sejumlah peristiwa besar yang terjadi di sejumlah negara, supaya Anda bisa dengan mudah mengikuti perkembangan dunia.

BACA JUGA: Kabut Asap Makin Tebal, Dinkes Sumsel Siapkan 3,6 Juta Masker Untuk Warga

Musim kebakaran lahan mulai terjadi di Australia

Keadaan darurat kebakaran hutan dan lahan terjadi di beberapa negara bagian di Australia.

Saat ini ratusan petugas pemadam kebakaran sedang berjuang memadamkan api di Victoria dengan ibu kota Melbourne, sementara peringatan darurat telah dikeluarkan untuk Pulau Flinders di negara bagian Tasmania.

BACA JUGA: Video Viral Bagi-Bagi Sayur di Pesta Pernikahan, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Lima orang dari kelompok kemerdekaan Papua tewas

Lima orang dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) tewas setelah terjadi bentrokan dengan pasukan keamanan.

Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan pasukan gabungan militer dan polisi menembak lima orang yang disebut sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata oleh pemerintah Australia.

BACA JUGA: Tiongkok Mencoba Mengubah Kawasan Muslim Xinjiang Jadi Pusat Pariwisata

Juru bicara TPNPB mengonfirmasi kematian tersebut dan mengatakan hal ini tidak akan membuat kelompoknya menyerah.

Pangkogabwilhan III Letjen Richard TH Tampubolon mengatakan kondisi di sejumlah distrik wilayah Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, berangsur kondusif setelah insiden tersebut.

"Saat ini situasi keamanan Papua khususnya Pegunungan Bintang aman dan kondusif, Distrik Sarambakon dan Oksibil telah berangsur pulih, masyarakat sudah beraktivitas normal," kata Richard dalam keterangan tertulis, Senin kemarin.Kemungkinan pastor memberkati pasangan sesama jenis

Paus Fransiskus memberikan sinyal untuk membuka kemungkinan bagi para imam atau pastor untuk memberkati pasangan sesama gender.

Tapi sepertinya hal ini akan dilihat kasus per kasus, agar tidak menimbulkan kebingungan dengan upacara pernikahan heteroseksual.

Paus Fransiskus menyampaikan pendapatnya saat menjawab salah satu pertanyaan dari lima kardinal konservatif asal Asia, Eropa, Afrika, Amerika Serikat, dan Amerika Latin.

Para kardinal mengirimkan kepada Paus serangkaian pertanyaan formal, yang dikenal sebagai "dubia" ("keraguan" dalam bahasa Latin), tentang isu-isu yang berkaitan dengan pertemuan global yang dimulai di Vatikan pada hari Rabu ini.Inilah penerima Nobel Fisiologi tahun ini

Ilmuwan Katalin Karikó dan Drew Weissman, masing-masing dari Hungaria dan Amerika Serikat, menerima Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran atas penemuan mereka, yang memungkinkan pengembangan vaksin mRNA COVID-19.

Hadiah tersebut, termasuk yang paling bergengsi di dunia ilmiah, dipilih oleh Majelis Nobel universitas kedokteran Institut Karolinska Swedia, dengan hadiah sebesar 11 juta crown Swedia atau lebih dari sejuta dolar.

"Para pemenang berkontribusi terhadap laju pengembangan vaksin yang belum ada sebelumnya, saat salah satu ancaman kesehatan manusia di zaman modern terjadi," demikian pernyataan lembaga tersebut.Penemuan ratusan bangkai lumba-lumba

Sebanyak 120 bangkai lumba-lumba sungai ditemukan mengambang di anak sungai Amazon selama seminggu terakhir,  yang diduga para ahli disebabkan oleh kekeringan.

Para peneliti yakin permukaan sungai yang rendah selama kekeringan  memanaskan air hingga mencapai suhu yang tidak dapat ditoleransi oleh lumba-lumba.

Lumba-lumba sungai adalah spesies lumba-lumba air tawar unik yang hanya ditemukan di sungai-sungai Amerika Selatan, yang juga merupakan salah satu dari sedikit spesies lumba-lumba air tawar yang tersisa di dunia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asap Karhutla dari 2 Provinsi Ini Menyelimuti Riau

Berita Terkait