Hari Kamis sudah tiba, artinya dua hari lagi menjelang akhir pekan. 

Kami sudah merangkum sejumlah laporan utama yang terjadi di sejumlah penjuru dunia untuk edisi hari ini 3 November.

BACA JUGA: Sssstt, Ketum PSSI Kembali Diperiksa Kasus Tragedi Kanjuruhan

Hasil penyelidikan Komnas HAM soal Kanjuruhan

Pagi tadi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menyerahkan hasil laporan penyelidikan mereka terkait tewasnya ratusan orang di Stadion Kanjuruhan kepada Presiden Joko Widodo lewat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD.

Dari penyelidikannya, Komnas HAM mengatakan insiden yang menewaskan 135 orang di stadion Kanjuruhan telah melanggar hak asasi, karena menggunakan kekuatan berlebihan seperti gas air mata.

BACA JUGA: Komnas HAM Sebut Polisi Tembakkan 45 Gas Air Mata kepada Penonton dalam Tragedi Kanjuruhan

"Kesimpulannya adalah peristiwa Kanjuruhan merupakan pelanggaran HAM yang terjadi akibat tata kelola yang diselenggarakan dengan cara tidak menjalankan, menghormati, dan memastikan prinsip dan norma keselamatan dan keamanan," ujar Choiril Anam, komisioner Komnas HAM.

Setelah menyampaikan hasil penyelidikannya, Komnas Ham juga meminta agar ada perbaikan terkait standar penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

BACA JUGA: Diplomat Tiongkok Jadi Sorotan Setelah Terlibat Baku Hantam di Inggris

"Kalau dalam waktu tiga bulan itu tidak bisa diperbaiki secara menyeluruh, kami merekomendasikan kepada Pak Presiden menggandeng FIFA untuk membekukan seluruh aktivitas PSSI" ujar Anam, seperti dilaporkan sejumlah media di Indonesia.Pemakaman Filep Karma di Jayapura

Rabu malam kemarin, ribuan orang menghadiri upacara pemakaman Filep Karma, seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Papua. 

Beberapa dari mereka bahkan rela berjalan kaki ke lokasi pemakaman Expo Waena, Distrik Heram, Jayapura.

"Hadir seribuan masyarakat Papua untuk ikut mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatannya yang terakhir. Aparat kepolisian juga ikut mengawal jalannya proses pemakaman. Semua proses aman dan lancar," kata Pendeta John Baransano yang ikut dalam pemakaman, seperti dikutip dari Detik.

Filep ditemukan meninggal di Pantai Base G Jayapura hari Selasa kemarin, usai melakukan 'diving'.

Andrefina, puteri dari Filep pernah mengatakan kepada media jika penyebab kematiannya adalah "murni kecelakaan", meski sejumlah aktivis hak asasi menuntut adanya penyelidikan lebih lanjut.Amerika kembali naikkan suku bunga

Bank Sentral Amerika Serikat kembali menaikkan suku bunga sebanyak 0.75 persen menjadi empat persen.

Gubernur Bank Sentral Jerome Powell mengatakan ada kemungkinan kenaikan suku bunga akan lebih kecil di bulan-bulan mendatang, namun belum bisa diduga sampai kapan kenaikan akan terjadi.

Menurutnya kenaikan suku bunga harus dilakukan karena tingkat inflasi yang masih terlalu tinggi saat ini.

Kenaikan suku bunga ini menjadi yang keenam kalinya sepanjang tahun 2022.Rusia sepakat pengiriman gandum dari Ukraina

Rusia mengatakan akan ambil bagian dalam persetujuan pengiriman bahan-bahan gandum dari Ukraina.

Sebelumnya Rusia membatalkan keputusan kerja sama, setelah Turkiye dan PBB membantu pengiriman gandum Ukraina tanpa melibatkan Rusia untuk pengecekan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan mereka mendapatkan jaminan dari Kyiv yang tidak akan menggunakan koridor pelayaran di Laut Hitam untuk melakukan operasi militer terhadap Rusia.

Tiga bulan lalu telah disetujui pengiriman gandum dari Ukraina untuk mengatasi krisis pangan dunia, karena Ukraina adalah salah satu negara penghasil gandum terbesar di dunia.Pakar panda Tiongkok ke Taiwan

Dan untuk mengakhiri Dunia Hari Ini, ada berita soal binatang Tiongkok yang terkenal karena menggemaskan.

Dua pakar panda dari Tiongkok sudah tiba di Taiwan untuk membantu menangani panda bernama Tuan Tuanm, yang kondisinya memburuk akibat kanker otak.

Tuan Tuan bersama dengan pasangannya Yuan Yuan adalah sumbangan dari Tiongkok untuk kebun binatang Taipei di tahun 2008, saat hubungan antara Tiongkok dan Taiwan sedang hangat.

Tiongkok mengirim panda ke luar negeri tapi tetap mempertahankan kepemilikan atas panda yang diberikan dan anak-anak yang dikembangbiakannya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tragedi Kanjuruhan Peristiwa Pelanggaran HAM

Berita Terkait