Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Senin 11 September 2023.

Untuk mempermudah Anda mengikuti perkembangan dunia, kami sudah merangkum informasi utama dari sejumlah negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

BACA JUGA: Jembatan Udara Arab Saudi Salurkan Bantuan untuk Gempa Maroko

Kita awali dengan perkembangan terbaru dari gempa berkekuatan 6,8 SR yang menguncang sejumlah kawasan di Maroko.Korban gempa Maroko terus bertambah

Jumlah korban tewas akibat gempa di Maroko diperkirakan akan meningkat, karena upaya penyelamatan terus dilakukan di sekitar pusat gempa.

BACA JUGA: Korban Gempa Maroko Capai Ribuan, BAZNAS Kirim Tim Kemanusiaan dan Bantuan

Allyson Horn, koresponden ABC sedang berada di Maroko dan melaporkannya untuk Anda.

"Desa-desa di pegunungan High Atlas menanggung beban terberat dari dampak gempa bumi, dan upaya penyelamatan baru saja mulai dilakukan, berpacu dengan waktu, untuk menemukan korban yang selamat."

BACA JUGA: Gempa Dahsyat Guncang Maroko, Tidak Ada WNI Jadi Korban

"Lebih dari 2.000 orang tewas dan ribuan lainnya kini kehilangan tempat tinggal."

"Di pinggir jalan utama, tempat penampungan terbuat dari bambu sedang dibangun untuk menampung para pengungsi, yang saat ini memiliki akses terbatas untuk mendapat makanan, air, dan sanitasi."Bagaimana nasib penjelajah gua yang terperangkap di Turki?

Tim penyelamat masih berupaya menyelamatkan Mark Dickey, penjelajah gua asal Amerika Serikat, yang terperangkap lebih dari 1.000 meter di bawah tanah di Turki selatan.

Sekarang Mark sudah setengahnya lagi menuju ke permukaan, dibantu dengan lebih dari 150 petugas penyelamat yang dikerahkan dari Turki dan negara-negara lain untuk menyelamatkannya dari dalam gua.

Pria berusia 40 tahun tersebut sedang melakukan ekspedisi eksplorasi internasional di gua Morca di pegunungan Taurus, ketika ia mulai mengalami pendarahan gastrointestinal pada kedalaman 1.040 meter.Selamat untuk Djokovic

Novak Djokovic berhasil memenangkan 24 gelar tunggal grand slam, setelah memenangkan turnamen US Open melawan Daniil Medvedev, dengan skor akhir 6-3, 7-6 (7/5), 6-3.

Kemenangannya kali ini juga menjadi kemenangan keempat kalinya di kejuaraan tenis Amerika Serikat Terbuka.

Setelah pertandingan, Djokovic sempat terjatuh karena kelelahan dan petugas media langsung memberikan bantuan.Dua orang dicurigai jadi mata-mata Tiongkok di parlemen Inggris

Saat bertemu PM Tiongkok Li Qiang di KTT G20 India, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyampaikan rasa kekhawatirannya atas campur tangan Tiongkok dalam demokrasi parlementer Inggris.

Ada dua orang yang ditangkap setelah dicurigai menjadi mata-mata Tiongkok, salah satunya adalah seorang peneliti di parlemen Inggris, seperti dilaporkan The Sunday Times.

PM Sunak mengatakan ia tidak bisa berkomentar soal penyelidikan yang sedang berlangsung, namun mengatakan ia sudah menyampaikan masalah campur tangan yang "jelas tidak dapat diterima" ini kepada PM Li.

Polisi Metropolitan London mengatakan dua pria ditangkap pada bulan Maret dan sudah dibebaskan dengan jaminan hingga awal Oktober.Serangan Drone di Sudan tewaskan puluhan orang

Setidaknya 40 warga sipil tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan udara di sebuah pasar di Khartoum selatan, menurut kelompok sukarelawan setempat.

Serangan udara dan artileri di daerah pemukiman semakin intensif ketika perang antara tentara Sudan dan Rapid Support Forces (RSF) sudah terjadi hampir lima bulan, sementara tak ada tanda-tanda untuk melakukan mediasi.

Serangan drone besar-besaran pada hari Minggu waktu setempat  di kawasan yang sebagian besar dihuni pasukan RSF, menurut saksi mata, sementara foto-foto yang dibagikan relawan menunjukkan banyak warga perempuan dan pria terluka serta mayat-mayat bertumpuk yang ditutupi kain.

Ini menjadi serangan dengan jumlah orang tewas terbanyak sejak perang terjadi di Sudan bulan April lalu.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Undangan dari Presiden Bharat Menimbulkan Spekulasi Jika India Akan Mengubah Namanya

Berita Terkait