Selamat datang di bulan yang baru!

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi pertama di bulan Februari. 

BACA JUGA: Tiongkok Larang Mahasiswanya Kuliah Online dengan Universitas Asing Termasuk Australia

Sejumlah laporan utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir telah kami siapkan, agar Anda bisa tetap 'up-to-date'.

Kita awali dari perkembangan serangan bom bunuh di masjid Pakistan.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Polisi Tetapkan Empat Tersangka Kasus Obat Batuk Sirop

Korban teror di masjid bertambah

Jumlah korban yang tewas akibat bom bunuh diri di sebuah masjid di Peshawar, Pakistan, bertambah menjadi 100 orang.

Penyelidikan masih dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaku bom bisa masuk ke kompleks yang keamanannya termasuk ketat karena berada di dalam kompleks kepolisian.

BACA JUGA: Novak Djokovic Kesal Karena Ayahnya Tak Hadir Saat Ia Menang Australia Open

Petugas masih berusaha mengambil mayat-mayat yang terkubur di reruntuhan, sementara pemakaman bagi jasad yang diselamatkan, kebanyakan dari kalangan polisi, sudah digelar.

"Teroris ingin menciptakan ketakutan dengan menargetkan mereka yang menjalankan tugas membela Pakistan," kata Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif.Jenazah George Pell disemayamkan di Sydney

Jenazah Kardinal George Pell, yang meninggal di Roma bulan lalu di usia 81 tahun, sudah disemayamkan di St Mary's Cathedral di Sydney mulai hari ini pukul 09:30 pagi.

Akan ada dua misa yang akan digelar hingga besok (02/02), sebelum dimakamkan dalam upacara tertutup di ruang bawah tanah katedral.

Kepolisian New South Wales akan memblokir protes oleh komunitas LGBTIQ yang rencananya akan digelar saat pemakaman George. 

Sebelumnya komunitas LGBTI dan pejuang hak perempuan mengumumkan akan menggelar unjuk rasa karena mereka "menolak George Pell dan apa yang ia lakukan".Sanksi terhadap pejabat militer Iran dan Myanmar

Pemerintah Australia menjatuhkan sanksi kepada sejumlah pejabat senior militer dan pemerintah Iran, serta para pemimpin junta militer Myanmar.

Para pejabat militer Iran tersebut telah dilarang melakukan perjalanan serta asetnya dibekukan, termasuk panglima tertinggi Iran, Mayor Jenderal Sayyed Abdolrahim Mousavi.

Australia mengatakan mereka yang dikenai sanksi "telah terlibat atau bertanggung jawab atas pelanggaran serius hak asasi manusia di Iran".

Dua tahun setelah kudeta militer di Myanmar, Australia juga memberlakukan sanksi terhadap 16 pemimpin dan pejabat tinggi junta militer Myanmar yang berkuasa, setelah sebelumnya mendapat tekanan internasional karena tidak melakukannya.Setengah juta warga protes di Paris

Pengunjuk rasa Prancis kembali menekan agar Presiden Prancis Emmanuel Macron membatalkan rencana reformasi pensiun, yang salah satunya menaikkan usia pensiun.

Selasa sore kemarin (31/01), setengah juta warga turun ke jalanan ke Paris, lebih banyak dari unjuk rasa sebelumnya.

Tetapi Presiden Macron sepertinya tidak bergeming dan malah mengatakan jika reformasi pensiun ini penting untuk dilakukan.

Salah satu yang datang ke unjuk rasa adalah Arnaud Roure, pekerja sektor transportasi berusia 47 tahun.

"Anda yang dari pemerintah, telah membuat kami lelah dengan menyedot semua sumber daya yang tersisa," katanya.Dakwaan pembunuhan tak disengaja

Aktor Alec Baldwin dan Hannah Gutierrez-Reed, seorang spesialis senjata, resmi didakwa melakukan pembunuhan tidak disengaja dalam penembakan fatal seorang sinematografer di lokasi syuting film 'Rust', menurut dokumen pengadilan.

Alec beserta Hannah, yang mengawasi urusan senjata, berada di lokasi syuting di New Mexico, Oktober 2021 lalu, saat sinematografer Halyna Hutchins mengalami luka tembak, seperti yang dikemukakan pengadilan.

Alec diduga menodongkan pistol ke arah Halyna saat pistol meledak, yang juga melukai sutradara Joel Souza.

Keduanya tetap mengaku tidak bersalah dan akan menolak dakwaan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Selandia Baru Diterjang Banjir, Empat Tewas

Berita Terkait