Selamat membaca kembali Dunia Hari Ini!

Pada edisi Jumat, 2 Februari 2024, kami telah merangkum kejadian dunia selama 24 jam terakhir.

BACA JUGA: Mau Polisikan Cheryl Tanzil PSI soal Dugaan Fitnah ke Mahfud Md, TPR Dioper Sana Sini

Berita utama dari Indonesia.Mahfud MD mengundurkan diri dari kabinet Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari posisi di Kabinet Indonesia Maju (KIM).

BACA JUGA: Bila Junjung Etika, Menteri Lain Seharusnya Meniru Langkah Mahfud MD Mundur dari Kabinet

Sebelumnya, marak desakan agar menteri aktif dalam kabinet Jokowi yang menjadi kontentan pilpres yakni Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mundur dari jabatannya, termasuk Gibran yang saat ini berstatus sebagai Wali Kota Solo.

"Saya ndak punya harapan tentang kandidat lain. Saya menghadap presiden dan minta mundur itu karena etika saya. Tidak terkait dengan etika menteri-menteri lain," kata Mahfud kepada wartawan, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (01/02).

BACA JUGA: Prabowo Diharapkan Mundur dari Kabinet Mengikuti Mahfud, Ganjar Singgung Soal Etika

Belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi Mahfud di kabinet, namun sejumlah pengamat memprediksi Presiden Jokowi akan memilih seseorang yang tidak berasal dari PDIP.

Nama Agus Harimurti Yudhoyono, mantan pimpinan Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqqie, juga Yusril Ihza Mahendra santer disebut-sebut sebagai calon pengganti Mahfud MD.Partai politik terpopuler di Thailand terancam dibubarkan

Partai Move Forward adalah peraih suara dan kursi terbanyak pada pemilu tahun lalu dengan platform progresif yang ingin mengubah undang-undang pencemaran nama baik kerajaan.

Undang-undang tersebut, yang dikenal sebagai Pasal 112, adalah salah satu undang-undang yang paling keras di dunia dengan ancaman hukuman hingga 15 tahun penjara jika mengkritik atau menghina monarki Thailand.

Amandemen yang diusulkan oleh Move Forward mencakup pengurangan hukuman dan persyaratan bahwa pengaduan harus diajukan oleh keluarga kerajaan.

Mahkamah Konstitusi Thailand memutuskan kampanye Move Forward yang berjanji untuk mengubah undang-undang lese majeste melanggar konstitusi dan sama saja dengan upaya untuk menggulingkan seluruh sistem politik di Thailand karena menunjukkan “niat untuk memisahkan monarki dari bangsa Thailand, yang sangat berbahaya bagi keamanan negara."

Karenanya, salah satu mantan senator tengah melaporkan gugatan pembubaran Move Forward.Dua orang Australia menang lotere, berbagi Jackpot A$200 juta

Komisi lotere Australia memperkirakan setengah dari populasi orang dewasa Australia membeli lotere 'Powerball' itu.

Perusahaan lotere mengeluarkan rilis media yang mengumumkan salah satu pemenang dari daerah Singleton di New South Wales, meskipun tidak menyebutkan namanya untuk melindungi privasi mereka.

Si pemenang mengatakan bahwa hadiah yang diperolehnya adalah "uang yang sangat banyak untuk dipahami".

“Ya, saya benar-benar tidak akan bekerja lagi! Maksud saya, sejujurnya, apakah saya perlu bekerja sekarang?"

Lotere Powerball dengan jackpot A$200 juta adalah hadiah terbesar dalam sejarah lotere Australia, mengalahkan jackpot A$160 juta pada tahun 2022 yang dimenangkan oleh tiga orang.Grammy Awards ke-66 siap digelar

Para penggemar musik dunia bersiap untuk merayakan perhelatan terbesar industri musik tersebut minggu malam mendatang.

Terdapat sedikitnya 94 kategori yang mencakup tiga kategori utama: 'Record of the Year', 'Song of the Year', dan 'Album of the Year'.

Record of the Year diberikan kepada artis rekaman dan produser sebuah lagu.

Song of the Year, sebaliknya, diberikan kepada penulis lagu.

Sementara Album of the Year sendiri cukup jelas, bukan? Hampir semua orang yang terlibat — penulis lagu, artis, produser, dan lain-lain — masuk dalam kategori itu.

Jon Batiste adalah satu-satunya nominasi laki-laki dalam tiga kategori ini, dan dia menghadapi sejumlah saingan berat seperti Taylor Swift, SZA, Dua Lipa, Miley Cyrus, boygenius, Lana Del Rey, Janelle Monáe, Billie Eilish dan Olivia Rodrigo.

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pamit kepada Staf di Kemenko Polhukam, Mahfud: Terus Bekerja dengan Jujur dan Tidak Culas

Berita Terkait