Dunia Hari Ini kembali dengan sejumlah laporan dari beberapa belahan dunia.

Edisi Selasa, 18 Juni 2024 kami awali dengan berita dari Australia.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Gelombang Panas Jadi Tantangan Besar Bagi Jemaah Haji Tahun Ini

Mesin pesawat Australia terbakar

Pesawat Virgin Australia mendarat dengan selamat di Selandia Baru setelah salah satu mesinnya terbakar.

Pesawat jet Boeing 737-800 tersebut sedang menuju Melbourne dari Queenstwon, dengan 67 penumpang dan enam awak di dalamnya, dan terpaksa dialihkan ke bandara Invercargill.

BACA JUGA: ABK Asal NTT dan 9 WNA China Terombang-ambing di Laut Australia hingga ke Sukabumi

Pihak Virgin Australia mengatakan peristiwa tersebut kemungkinan terjadi karena pesawat menabrak burung.

Kobaran api terlihat tak lama di badan pesawat sesaat setelah lepas landas, namun tidak ada laporan adanya yang cedera, seperti yang dijelaskan juru bicara bandara setempat.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Pria Australia Diancam 12 Tahun Penjara di Bali

Tiongkok beri kemudahan bagi warga Australia

Tiongkok menawarkan akses bebas visa yang berlaku hingga 15 hari bagi warga Australia yang ingin berkunjung ke negaranya.

Kemudahan ini diumumkan saat Premier Tiongkok Li Qiang berkunjung ke Australia dan bertemu dengan Perdana Menteri Anthony Albanese.

Keduanya berharap hubungan Australia dan CHina dapat "diperbarui dan direvitalisasi".

"Kami sepakat untuk saling memberikan akses timbal balik berupa visa masuk selama lima tahun untuk pariwisata, bisnis, dan kunjungan anggota keluarga," kata PM Albanese.Tabrakan kereta, belasan warga tewas

Tabrakan kereta di India menewaskan sedikitnya 15 penumpang dan melukai 54 lainnya.

Menurut polisi, kecelakaan tersebut merupakan kesalahan pengemudi.

Tim penyelamat dari polisi dan petugas tanggap bencana nasional masih membersihkan puing-puing dari gerbong yang lepas.

Tidak jelas berapa banyak penumpang yang ada di dalam kereta saat itu.Tumpahan minyak akibat tabrakan kapal di Singapura

Tumpahan minyak terlihat di laut Singapura akibat peristiwa tabrakan yang terjadi antara kapal keruk dan kapal tanker kargo.

Pihak berwenang Singapura mengatakan kapal keruk berbendera Belanda Vox Maxima yang kehilangan kendali menabrak kapal pasokan bahan bakar Singapura Marine Honor pada hari Jumat.

Kapal tersebut memecahkan salah satu tangki kargo di Marine Honor, hingga menyebabkan kebocoran minyak berkadar sulfur rendah ke laut.

Sementara itu pantai Sentosa tetap dibuka untuk umum, tetapi pengunjung tidak diperbolehkan berenang atau melakukan aktivitas laut lainnya.Tertuduh pelopor gerakan separatis Sikh mengaku tidak bersalah

Seorang pria India, yang diduga terlibat dalam rencana pembunuhan separatis Sikh di New York, mengaku tidak bersalah atas tuduhan konspirasi pembunuhan bayaran.

Nikhil Gupta diperintahkan untuk ditahan selama persidangan di pengadilan federal di Manhattan kemarin.

Jaksa federal Amerika menuduh Nikhil berkomplot dengan pejabat pemerintah India untuk membunuh Gurpatwant Singh Pannun, penduduk Amerika yang memperjuangkan kedaulatan negara Sikh di India utara, dengan rencana berakhir gagal.

Juni lalu, Nikhil melakukan perjalanan ke Praha dari India dan ditangkap oleh otoritas Ceko, sementara pengadilan Ceko bulan lalu menolak petisinya agar tidak diekstradisi ke Amerika Serikat.

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Australia Akan Mempersulit Orang yang Suka Gonta-ganti Visa

Berita Terkait