Anda sedang membaca Dunia Hari Ini dari ABC Indonesia edisi Senin, 29 Agustus 2022.

Kami merangkum berita-berita dari berbagai dunia sehingga Anda bisa lebih cepat mengikuti perkembangan dunia dalam 24 jam terakhir.

BACA JUGA: Sektor Wisata Pasifik Kekurangan Pekerja karena Banyak yang Pindah ke Australia dan Selandia Baru

Pakistan minta bantuan dunia

Lebih dari seribu orang tewas dan 30 juta orang lainnya terkena dampak banjir yang terjadi di Pakistan utara dan selatan.

Sebelumnya, Perdana Menteri Pakistan, Shahbaz Sharif, meminta bantuan internasional dan keadaan darurat diberlakukan di negaranya.

BACA JUGA: Polisi Bantah Kekerasan dalam Kematian Aktivis Trans Asal Peru Saat Bulan Madu di Bali

Menteri Luar Negeri Pakistan, Bilawal Bhutto-Zardari berharap lembaga keuangan internasional, seperti Dana Moneter Internasional (IMF) akan mempertimbangkan bantuan karena prediksi kesulitan ekonomi akibat banjir. 

Menurutnya banyak warga akan kehilangan mata pencaharian akibat ketergantungan pada tanaman pangan yang hancur.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Polisi Indonesia Gagalkan Pengiriman TKI Ilegal ke Kamboja

Sejumlah yayasan dan organisasi dunia, termasuk komunitas Pakistan di Australia sudah melakukan penggalangan dana untuk menolong korban banjir di Pakistan. Bos geng motor Sydney ditangkap

Tarek Zahed, 42 tahun, ditangkap oleh kepolisian di Sydney di depan stasiun kereta api kawasan Edgecliff, Minggu (28/08) sore. 

Ia ditangkap atas tuduhan terkait penculikan dan pembunuhan Youssef Assoum yang terjadi di tahun 2014 di kawasan Bankstown.

Bulan Mei lalu, Tarek dan saudara laki-lakinya, Omar, pernah mendapat serangan tembakan 10 kali, di depan sebuah pusat kebugaran di kawasn Auburn.

Tembakan tersebut menyasar lengan, perut, dan kaki Omar, kemudian ia meninggal. Sementara saat itu Tarek sempat dalam kondisi kritis, tapi ia berhasil bertahan hidup. Kenapa Shaquille O'Neal ikut konferensi pers PM Australia?

Akhir pekan kemarin, pebasket dunia Shaquille O'Neal ikut muncul dalam konferensi pers bersama PM Anthony Albanese dan Menteri Urusan Pribumi Australia, Linda Burney.

PM Albanese minta dukungan dari legenda NBA tersebut dalam menyerukan pengakuan konstitusional terhadap penduduk asli Australia dan suara mereka di parlemen Australia.

Ia memuji Shaq dalam perannya terkait keadilan sosial dan mengangkat masalah warga yang terpinggirkan di Amerika Serikat.

Menurutnya pengakuan terhadap penduduk asli di Australia telah menjadi sorotan di dunia, karenanya ia membutuhkan sosok seperti Shaq untuk ikut membantu menyuarakannya, selain meminta dukungan atlet olahraga dunia lainnya.

"Tidak mudah [untuk melakukannya] di Australia, kita semua tahu itu, dan saya pikir memiliki Shaquille O'Neal sebagai bagian dari kampanye itu penting, juga sangat penting bagi kami untuk membangun dukungan di seluruh lapisan masyarakat." Nasib 13 nelayan Indonesia yang ditangkap

Kedutaan Besar RI di Papua Nugini (PNG) meminta Pemerintah PNG untuk memberikan akses agar mereka bisa bertemu dengan 13 nelayan yang ditangkap di PNG.

Laporan di media sebelumnya menyebutkan belasan nealayan ini dalam perjalanan menuju Port Moresby. 

Dubes RI di PNG Andriana Supandi mengatakan pihaknya akan langsung melakukan pendampingan dan memberikan bantuan yang dibutuhkan, termasuk untuk membantu para nelayan berkomunikasi dengan keluarga mereka di Merauke.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri RI juga menuntut atas insiden penembakan seorang nelayan Indonesia, bernama Sugeng, nahkoda KMN Calvin 02 asal Merauka, Papua. Ia diduga ditembak oleh pihak otoritas Papua Nugini pada 22 Agustus lalu. Apakah pandemi COVID sudah selesai?

Direktur Institut Pendidikan dan Kebijakan Kesehatan dari Victoria University di Melbourne,  Dr Maximilian P de Courten mengatakan pandemi COVID-19 mungkin belum selesai.

"Orang tidak dapat mengatakan jika ini adalah permulaan dari akhir pandemi COVID-19, karena sayangnya setiap enam bulan atau lebih, muncul dengan varian virus yang sangat berbeda," jelasnya.

Di saat jumlah kasus COVID-19 terus menurun di Australia, James Wood dari University of New South Wales malah memperingatkan bisa akan ada gelombang baru di akhir tahun nanti, khususnya di dunia belahan utara saat mengalami musim dingin.

"Pandemi biasanya dinyatakan saat kita melihat adanya epidemi virus baru di beberapa benua secara sekaligus, jadi kalau itu terjadi lagi di belahan dunia lain, kita belum akan keluar dari situasi pandemi."

Dan sebagai penutup di Dunia Hari Ini, mobil milik mendiang Putri Diana telah terjual hingga lebih dari $1 juta dalam sebuah lelang di London. 

Acara lelang digelar sebagai bagian dari peringatan 25 tahun meninggalnya Putri Diana akibat kecelakaan di Prancis.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Myanmar di Australia Takut Perpanjang Paspor karena Tidak Mau Membahayakan Keluarga Mereka

Berita Terkait