Selamat hari Senin!

Hari yang baru, pekan yang baru, pastinya juga harapan dan semangat yang baru ya untuk kita semua.

BACA JUGA: PKS Siap Berkolaborasi Memajukan Budaya, Pariwisata, dan Kesejahteraan Masyarakat Bali

Untuk membuka hari Anda, kami telah menyiapkan rangkaian sejumlah berita dunia pilihan yang terjadi selama 24 jam terakhir.

Kita awali Dunia Hari Ini, edisi 24 Juli 2023, dari Kamboja.

BACA JUGA: Pantau Pemilu Kamboja, Helmy Fauzi Sebut PM Hun Sen Siapkan Transisi Kekuasaan Kepada Generasi Muda

Partai yang berkuasa di Kamboja klaim menang telak Pemilu

Partai Rakyat Kamboja (CPP) yang berkuasa mengumumkan kemenangan telak dalam pemilihan yang hanya diikuti oleh satu kontestan, membuka jalan bagi transisi kepemimpinan bersejarah dan akhir masa pemerintahan salah satu pemimpin terlama di dunia.

CPP memimpin dalam penghitungan suara pada Minggu malam setelah 8,1 juta warga memberikan hak suaranya dalam Pemilu tak seimbang antara CPP dan 17 partai yang sebagian besar tidak jelas.

BACA JUGA: Pantau Pemilu Kamboja, Brando Susanto PDIP Singgung Bung Karno dan KAA

"Kami menang telak… tapi kami belum bisa menghitung jumlah kursi," kata Sok Eysan, juru bicara CPP.

Tidak ada kerangka waktu penyerahan kekuasaan sampai hari Kamis mendatang, setelah Hun Sen mengisyaratkan jenderal militer Hun Manet, "bisa menjadi" perdana menteri bulan depan.Bangunan di Kamerun runtuh, 16 orang tewas

Sedikitnya 16 orang tewas dan puluhan orang terluka setelah sebuah bangunan berlantai empat runtuh menimpa bangunan yang lebih kecil di kota terbesar Kamerun, menurut pihak berwenang.

"Jumlah korban mungkin lebih banyak", kata Samuel Dieudonne Ivaha Diboua, gubernur wilayah pesisir Kamerun, tempat kota Douala berada.

Gubernur mengatakan "petugas penyelamat, dibantu oleh pasukan pemerintah Kamerun, masih menggali puing-puing untuk melihat apakah lebih banyak jenazah dapat ditemukan."

Brigade pemadam kebakaran militer diperintahkan untuk bergabung dengan Palang Merah dan layanan penyelamatan lainnya dalam upaya mencari korban selamat.

"Kami mendengar orang-orang berteriak … dan berjuang untuk membantu beberapa orang keluar dari reruntuhan, tetapi tidak dapat melakukannya dengan sekop dan cangkul kami," kata Gaspard Ndoppo, warga yang tinggal di dekat bangunan yang runtuh.Nama-nama korban penembakan Auckland diumumkan

Inspektur Detektif Ross McKay mengidentifikasi para korban adalah Solomona Tootoo, 45 tahun, dari Manurewa dan Tupuga Sipiliano, 44 tahun, dari Wattle Downs.

"Polisi menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga, yang berduka karena kehilangan orang yang mereka cintai," katanya.

Para korban dapat disebutkan namanya karena proses identifikasi formal telah selesai.

Seorang pria bersenjata berusia 24 tahun melepaskan beberapa tembakan di pusat kota Auckland mulai sekitar pukul 7:30 waktu setempat, Kamis pekan lalu.

Dari enam orang yang terluka, empat masih dirawat di rumah sakit, termasuk seorang petugas polisi.Gambar kapal mata-mata Tiongkok menuju perairan Australia

ABC sudah mendapatkan sebuah foto udara yang menunjukkan pesawat P-8 Poseidon RAAF terbang di atas kapal pengintai Tiongkok saat menuju Australia pekan lalu.

Foto kapal Dongdiao Class Auxiliary General Intelligence (AGI) diambil dari atas pesawat militer Australia lainnya di atas perairan internasional di Laut Coral.

Pada hari Minggu, kapal Tiongkok, yang membawa armada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) bernomor 793, diyakini berada di lepas pantai Queensland, mungkin sejauh selatan Teluk Shoalwater, mencoba mengumpulkan informasi sensitif tentang Latihan Talisman Sabre internasional yang saat itu sedang berlangsung.

Ditanya apakah ada kapal selam Australia atau Amerika Serikat yang juga telah dikerahkan untuk mengintai kapal Tiongkok tersebut, Kepala Operasi Gabungan Letnan Jenderal Greg Bilton menjawab: "tidak ada komentar".Selamat tinggal burung biru Twitter?

Elon Musk mengisyaratkan akan mengganti logo burung biru perusahaan media sosial itu dengan X setelah mengakui pengiklan lambat untuk kembali ke platform media sosial sejak diambil alih olehnya.

Pada Senin pagi, dalam unggahannya di Twitter Elon mengatakan "logo sementara X akan ditayangkan hari ini," menambahkan bahwa "X.com" sekarang akan dialihkan ke situs web Twitter.

Miliarder itu mengatakan ia ingin mengubah logo Twitter dan menyurvei jutaan pengikutnya tentang apakah mereka akan mendukung perubahan skema warna situs dari biru menjadi hitam.

CEO Twitter Linda Yaccarino mengatakan dia dan Elon berharap dapat bekerja sama dengan tim dan mitra untuk menghadirkan X.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pantau Pemilu Kamboja, Putu BKSAP: Semua Gembira, Tidak Saling Menghujat

Berita Terkait