Kami ingin memudahkan Anda untuk mengikuti berita-berita yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Dunia Hari Ini edisi Kamis, 28 Desember 2023, kami awali dari perkembangan terkini di kawasan industri Morowali.

BACA JUGA: Kemnaker Minta Hak-Hak Pekerja Korban Kecelakaan Smelter Meledak di Morowali Dipenuhi

Unjuk rasa ratusan karyawan smelter nikel

Ratusan pekerja di industri nikel Indonesia menggelar aksi damai untuk menuntut standar keselamatan kerja yang lebih baik, tiga hari setelah kebakaran di kawasan industri Morowali yang menewaskan 19 karyawan.

Sejauh ini, juru bicara operasional di kawasan industri Morowali mengatakan aktivitas di kawasan tersebut belum terpengaruh.

BACA JUGA: Tim Pengawas Ketenagakerjaan Kemnaker Selidiki Penyebab Kecelakaan Kerja di Morowali

"Permintaan utama kami adalah agar perusahaan mematuhi undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja," kata Serikat Pekerja Indonesia Sejahtera Katsaing, seraya menambahkan jika manajemen telah "merespon dengan baik" sejumlah permintaan.

Namun, perwakilan pekerja akan terus mengajukan tuntutan lain dan aksi mogok mungkin terjadi jika permintaan mereka tidak dipenuhi.

BACA JUGA: 13 Pekerja Tewas Akibat Ledakan Tungku Smelter di Morowali, Tiongkok Bereaksi

Dugaan perdagangan manusia anak India

India meluncurkan penyelidikan setelah menemukan 303 warga India, termasuk 11 anak di bawah umur, yang berada dalam penerbangan sewaan di Prancis dengan dugaan ada perdagangan manusia.

Pihak berwenang Prancis mencegah pesawat dari Uni Emirat Arab ke Nikaragua tersebut, saat singgah untuk pengisian bahan bakar di kota Vatry, Perancis.

Sanjay Kharat, seorang pejabat senior kepolisian Gujarat, mengatakan pihak berwenang sudah memperoleh nama dan alamat 21 orang yang berada dalam penerbangan tersebut.Israel menggempur Gaza, ribuan warga berusaha kabur

Pasukan Israel kembali menggempur Gaza melalui serangan darat, laut dan udara, sementara pihak berwenang Palestina melaporkan puluhan kematian.

Badan kesehatan PBB mengatakan ribuan orang berusaha melarikan diri dari serangan tersebut.

Meski komunitas internasional menyerukan gencatan senjata di tengah krisis kemanusiaan, panglima militer Israel Herzi Halevi mengatakan jika perang akan berlangsung berbulan-bulan.

Israel juga mengisyaratkan pihaknya dapat bertindak lebih keras terhadap serangan lintas batas dari Lebanon, yang merupakan basis Hizbullah, kelompok sekutu Hamas.Aktor film 'Parasite' meninggal dunia

Lee Sun-kyun, aktor Korea Selatan pemeran orang kaya dalam film pemenang Oscar "Parasite", ditemukan tewas dengan dugaan bunuh diri di di Seoul.

Lee, 48 tahun, pernah diperiksa polisi sebanyak tiga kali atas tuduhan penggunaan obat-obatan terlarang, dengan satu sesi pemeriksaan bisa berlangsung selama 19 jam.

Ia mengatakan ditipu untuk menggunakan narkoba oleh pekerja bar yang mencoba memerasnya.

Pihak berwenang menemukan jenazah Lee setelah ada upaya pencarian berdasarkan laporan orang hilang.Penyebab kematian penggemar Taylor Swift diungkap

Kematian seorang penggemar Taylor Swift di Brazil, yang jatuh sakit saat menonton konser idolanya, disebabkan oleh kelelahan akibat panas.

Ana Clara Benevides, 23 tahun, pingsan di Stadion Nilton Santos pada 17 November saat menghadiri pertunjukan pertama dari Taylor Swift di Brasil sebagai bagian dari The Eras Tour.

Ana dibawa ke pusat medis di lokasi konser, kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Salgado Filho, hingga akhirnya meninggal dunia.

Konser tersebut diadakan di tengah gelombang panas yang memecahkan rekor suhu di Brasil pada bulan November, dengan Rio pada hari itu mencatat suhu tertinggi hampir 60 derajat Celsius.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Smelter Meledak di Morowali, Timnas AMIN: Mas Gibran, Ini Lihat Kerja Pak Jokowi

Berita Terkait