Anda menyimak laporan Dunia Hari Ini edisi Kamis, 25 Januari 2024.

Berita utama dari Indonesia.

BACA JUGA: PSI Nilai Jokowi Masih Netral, Tak Eksplisit Dukung Prabowo-Gibran

Jokowi: 'Presiden boleh ikut kampanye' 

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa presiden maupun menteri memiliki hak demokrasi dan politik untuk ikut kampanye pemilu selama tidak menggunakan fasilitas negara.

Jokowi mengatakan hal itu menanggapi adanya sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang masuk sebagai tim sukses untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024.

BACA JUGA: Literasi Digital: Antisipasi Kebocoran Data Pribadi untuk Minimalisir Kekacauan Pemilu

"Hak demokrasi, hak politik, setiap orang. Setiap menteri sama saja, yang paling penting presiden itu boleh loh kampanye, boleh loh memihak. Boleh," kata Jokowi.

Menurut Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, sikap Jokowi yang berpihak dalam Pemilu mendatang merupakan bentuk penyalahgunaan wewenang dan merusak demokrasi.

BACA JUGA: Sukarelawan Bulukumba Targetkan 200 Suara untuk AMIN di Setiap TPS

" Bawaslu maupun DPR mestinya menggunakan kewenangannya untuk mencegah dan menindak hal tersebut", menurut pernyataan YLBHI.Penumpang pesawat tawanan perang Ukraina tewas

Sebuah pesawat militer Rusia jatuh di wilayah perbatasan Ukraina dan Moscow.

Pemerintahan Rusia menuduh adanya penembakan yang dilakukan oleh Ukraina yang mengakibatkan jatuhnya pesawat dan tewasnya 74 orang di dalamnya, termasuk 65 tawanan perang Ukraina yang akan ditukar.

Namun, tuduhan ini tidak disertai dengan bukti dan pemerintahan Ukraina juga belum mengonfirmasi atau menyangkalnya.

Selama peperangan, kedua pihak sering melontarkan tuduhan yang saling bertentangan mengenai satu sama lain, yang seringkali sulit untuk dibuktikan.Hal ini dikarenakan terbatasnya zona perang, dan juga karena masing-masing pihak mengontrol informasi dengan ketat.Kompleks besar PBB diserang Israel

Beberapa tank Israel menyerang kompleks besar PBB yang menampung pengungsi Palestina di Khan Younis.

Serangan itu menghantam wilayah yang menampung 30.000 pengungsi di Gaza, dan menewaskan setidaknya sembilan orang, sementara 75 orang mengalami luka-luka.

Tim PBB yang mencoba mendatangi tempat kejadian pun juga diblokir.

"Kompleks itu adalah fasilitas PBB yang ditandai dengan jelas. Sekali lagi ini merupakan pengabaian terhadap aturan dasar perang," ucap ketua PBB, Philippe Lazzarini.Arab Saudi akan membuka toko alkohol pertama

Arab Saudi sedang menyiapkan pembukaan toko alkohol pertamanya di ibu kota Riyadh yang secara eksklusif akan melayani diplomat non-Muslim. 

Karena meminum alkohol dilarang dalam Islam, langkah ini merupakan hal yang dianggap bersejarah, dan merupakan upaya Arab Saudi untuk membuka negara Muslim ultra-konservatif tersebut dalam bidang pariwisata dan bisnis.

Pelanggan harus mendaftar melalui aplikasi , mendapatkan kode izin dari kementerian luar negeri, dan mematuhi kuota bulanan saat melakukan pembelian.

Toko baru tersebut terletak di Kawasan Diplomatik Riyadh, sebuah lingkungan tempat tinggal kedutaan dan diplomat, dan akan "dibatasi secara ketat" untuk non-Muslim.Kebakaran di Tiongkok, 39 orang tewas

Kebakaran terjadi di sebuah bangunan komersil di provinsi Jiangxi tenggara Tiongkok, menewaskan setidaknya 39 orang dan melukai sembilan lainnya.

Pejabat distrik Yushui di provinsi Jiangxi mengatakan kebakaran terjadi di ruang bawah tanah sebuah area perbelanjaan pada sore hari.

Selain petugas penyelamat, petugas pemadam kebakaran dan polisi setempat dikerahkan ke lokasi kejadian.

Menurut laporan media setempat, tindakan penyelamatan telah selesai dan tidak ada orang yang masih terjebak di dalam gedung tersebut.

Pemerintah setempat mengatakan, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Begini Sikap KPU Tanggapi Usulan Debat Kelima Pilpres 2024 Tanpa Penonton

Berita Terkait