Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Senin, 4 Maret 2024.

Kami sudah merangkum laporan utama dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir yang diawali dari Australia.

BACA JUGA: Merenggut Nyawa Warga Indonesia, Seberapa Aman Pohon di Australia?

Pertemuan pemimpin ASEAN di Melbourne

Sejumlah pemimpin dari Asia Tenggara berada di kota Melbourne untuk menghadiri pertemuan puncak diplomatik dengan Perdana Menteri Anthony Albanese.

Pertemuan diplomatik ini menjadi yang terbesar di Australia sejak tahun 2018, ketika Malcolm Turnbull mengundang para pemimpin ASEAN untuk menghadiri konferensi tinggkat tinggi di Sydney.

BACA JUGA: Harga Beras Melambung, Jokowi: Cek Langsung, Jangan Tanya kepada Saya

Ratusan pejabat, diplomat, akademisi, dan pemimpin bisnis akan berkumpul di sejumlah lokasi di Melbourne, termasuk memenuhi hotel-hotel dan kantor selama tiga hari pertemuan. 

Menlu Retno Marsudi, yang juga akan hadir, mengonfirmasi Presiden Joko Widodo yang akan hadir di Melbourne untuk pertemuan, yang juga memperingati 50 tahun hubungan ASEAN dan Australia.

BACA JUGA: Jokowi Sebut Indonesia Maju dalam 3 Periode Kepemimpinan ke Depan

"Kerja sama prioritas apa yang akan dilakukan oleh Australia dengan Asean, antara lain dari sisi kepentingan Indonesia isu yang terkait dengan energi transition itu akan menjadi penting," ujarnya, pekan lalu.Narapidana melarikan diri dari penjara di Haiti

Hampir 4.000 narapidana kabur dari penjara utama di Haiti, dan lima orang tewas, setelah kelompok bersenjata menyerbu penjara tersebut di Port-au-Prince.

Pembobolan penjara yang terjadi kemarin terjadi ketika kelompok bersenjata meningkatkan serangan terkoordinasi, saat Perdana Menteri Ariel Henry berada di luar negeri untuk mendapatkan dukungan PBB untuk menstabilkan keamanan di negaranya.

Dari lima orang yang tewas, tiga mayat dengan luka tembak tergeletak di pintu masuk penjara, tanpa ada penjaga yang terlihat.

Jimmy Chérizier, mantan petugas polisi yang dikenal dengan nama 'Barbekyu', mengaku bertanggung jawab atas peningkatan kekerasan kelompok bersenjata, dengan mengatakan tujuannya adalah untuk menangkap polisi dan pejabat pemerintah.Wakil Presiden AS serukan gencatan senjata di Gaza

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menyerukan gencatan senjata secepatnya di Gaza, sambil menekan Israel untuk meningkatkan masuknya bantuan guna meringankan kondisi "tidak manusiawi" dan "bencana kemanusiaan" di kalangan warga Palestina.

Komentar Kamala ini termasuk yang paling tajam yang pernah disampaikan oleh seorang pemimpin senior pemerintah AS, agar Israel meringankan kondisi di Gaza.

Wakil presiden mendesak Hamas untuk menerima kesepakatan pembebasan sandera yang akan memulai gencatan senjata selama enam minggu dan memungkinkan lebih banyak bantuan mengalir.

"Orang-orang di Gaza kelaparan. Kondisinya tidak manusiawi dan rasa kemanusiaan kita memaksa kita untuk bertindak," kata Kamala.

"Pemerintah Israel harus berbuat lebih banyak untuk meningkatkan aliran bantuan secara signifikan. Tidak ada alasan untuk tidak melakukannya."Peluang baru pencarian Malaysia Airlines MH370

Pemerintah Malaysia mengatakan pencarian baru untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang akan segera dilakukan.

Hal ini terjadi setelah sebuah perusahaan teknologi Amerika Serikat mengusulkan pencarian baru di selatan Samudera Hindia, tempat pesawat tersebut diyakini jatuh, satu dekade lalu.

Menteri Transportasi Malaysia mengundang perusahaan tersebut untuk bertemu dan mengevaluasi bukti ilmiah baru yang dimiliki sebagai upaya menemukan lokasi terakhir pesawat.

Ia mengatakan jika bukti-bukti yang ditemukan kredibel,  maka akan meminta persetujuan kabinet untuk menandatangani kontrak baru dengan Ocean Infinity untuk melanjutkan pencarian.

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Israel Tembak Ratusan warga Palestina yang Antre Bantuan

Berita Terkait