Rasa terkejut hingga duka menjadi tema dalam beberapa topik berita yang kami sajikan hari ini.

Dalam Dunia Hari Ini edisi Rabu, 18 Januari 2023, kami merangkum kejadian di beberapa wilayah dunia selama 24 jam terakhir.

BACA JUGA: Penggeledahan oleh KPK di DPRD DKI Ternyata soal Kasus Ini, Tak Disangka

Mari memulainya dari Vietnam.Presiden Vietnam pamit

Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc telah mengundurkan diri setelah rumor tentang bagaimana ia akan dipecat karena terlibat korupsi tersebar.

BACA JUGA: Terbukti Korupsi, Mantan Kades di Rejang Lebong Divonis 3 Tahun Penjara

Keputusan tiba-tiba ini dianggap sangat tidak biasa di negara komunis seperti Vietnam, di mana perubahan dalam bidang politik umumnya diatur dengan sangat hati-hati.

Selama ini hanya ada satu presiden Partai Komunis yang pernah mengundurkan diri dan itu dilakukannya karena alasan kesehatan.

BACA JUGA: Terdakwa Korupsi Pembangunan Turap RS Kusta Banyuasin Divonis 4,5 Tahun Penjara

"Pengunduran diri Presiden Nguyen Xuan Phuc adalah sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah partai," ujar Nguyen Khac Giang, peneliti Pusat Studi Ekonomi dan Strategi Vietnam.

Media lokal melaporkan Partai Komunis telah menyatakan bahwa Phuc bertanggung jawab atas pelanggaran menteri di bawah pimpinannya ketika menjadi perdana menteri pada tahun 2016 hingga 2021.Thunberg digotong polisi Jerman

Polisi di wilayah barat Jerman menggotong aktivis iklim Greta Thunberg dan pengunjuk rasa lainnya dari tambang batu bara.

Dilaporkan agen berita Jerman dpa, Thunberg saat itu sedang melakukan unjuk rasa sebagai wujud protes atas perusakan desa demi pembangunan tambang tersebut.

"Greta Thunberg merupakan salah satu aktivis yang berlari menuju ujung tambang," ujar juru bicara pihak kepolisian.

"Tapi ia berhasil diberhentikan dan kami gotong keluar dari kawasan yang berbahaya."

Greta yang merupakan aktivis Swedia tersebut melakukan unjuk rasa bersama 6.000 orang di daerah Lutzreath Sabtu lalu (14/01) dan menuduh pertambangan sebagai "bentuk pengkhianatan terhadap generasi masa kini dan masa depan."

"Jerman adalah salah satu pencemar terbesar di dunia dan harus dimintai pertanggungjawaban," ujarnya.Tentara Australia bantu melatih warga Ukraina

Rombongan tentara Australia akan terbang ke Inggris untuk membantu pelatihan warga Ukraina dalam persiapan melawan Rusia.

Sekitar 70 tentara akan diterbangkan dari Australia Utara untuk bergabung dalam Operation Interflex, misi Inggris yang telah melatih lebih dari 10.000 warga Ukraina.

Komandan Batalion Resimen Australia ke-5, Letnan Kolonel Chris Gilmore mengatakan rombongan tentara ini akan membantu warga Ukraina sehingga "siap berperang".

"Mereka adalah kelompok tentara laki-laki dan perempuan muda yang luar biasa ... yang akan mengajarkan taktik bertarung di kota, hutan, atau pun taktik dasar untuk membantu mereka dalam bertarung dalam konflik sebaik mungkin," ujarnya.Trump mulai kampanye minggu depan

Beberapa bulan yang lalu mantan presiden AS Donald Trump mengumumkan akan mencalonkan diri pada tahun 2024.

Tetapi kenyataannya Trump nampak sudah siap untuk tampil di depan umum dalam kampanye barunya di South Carolina 28 Januari nanti.

Ia akan ditemani dua anggota Partai Republik Carolina Selatan yang terkenal — Senator Lindsey Graham, salah satu pendukung Trump yang paling setia, dan Gubernur Henry McMaster — di State House, Kolombia.

Tim kampanye Trump mengatakan mantan presiden AS tersebut akan mengumumkan anggota tim kampanyenya.

Carolina Selatan dipilih karena negara bagian ini memang adalah salah satu yang pertama mengadakan kontes pencalonan presiden  — dan Trump memenangkan dukungan terbanyak dari negara bagian tersebut saat melawan Presiden AS Joe Biden saat ini dalam Pemilu tahun 2020.Manusia tertua di dunia meninggal dunia

Berita duka datang dari keluarga manusia yang tercatat tertua di dunia, biarawati Prancis Lucile Randon, telah meninggal pada usia 118 tahun.

Lucile yang dikenal sebagai Sister Andre, lahir di selatan Prancis pada 11 Februari 1904, 10 tahun sebelum Perang Dunia I terjadi.

Ia meninggal dalam tidurnya di panti jompo di Toulon.

"Ada kesedihan yang luar biasa, tetapi … memang sudah keinginannya untuk bersatu dengan saudara laki-lakinya yang tercinta. Baginya, ini adalah pembebasan," kata David Tavella, juru bicara panti jompo Sainte-Catherine-Laboure.

Lucile lahir pada masa New York membuka kereta bawah tanah pertamanya.

Hari-harinya di panti jompo diselingi dengan doa, makan, dan kunjungan dari penghuni dan pekerja rumah sakit.

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Tegaskan Lukas Enembe tidak Perlu Berobat ke Luar Negeri

Berita Terkait