Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Selasa 26 September 2023.

Sejumlah informasi yang terjadi di sejumlah negara dalam 24 jam terakhir sudah kami rangkum agar Anda lebih mudah mengikuti perkembangan dunia.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Sampel Asteroid Berusia Miliaran Tahun Sudah Sampai di Bumi

Kita awali laporan pertama dari Armenia.Ribuan warga etnis Armenia mengungsi

Ribuan etnis Armenia meninggalkan wilayah Nagorno-Karabakh, perbatasan antara Armenia dan Azerbaijan.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Bos Qantas Menyampikan Permohonan Maaf kepada Publik

Mereka mengantre untuk mendapatkan bahan bakar, hingga menimbulkan kemacetan di jalur pegunungan menuju Armenia.

Mereka mengatakan tidak ingin hidup sebagai bagian dari negara Azerbaijan dan akan berangkat ke Armenia karena takut akan mengalami penganiayaan dan pembersihan etnis.

BACA JUGA: Gerakan Khalistan Dihubung-hubungkan dengan Ketegangan Kanada dan India

Pengungsi yang mencapai Armenia mengatakan mereka yakin sejarah negara mereka yang memisahkan diri telah berakhir.Pelaku kejahatan rasisme membayar US$5 juta

Patrick Crusius, seorang pria berkulit putih asal Texas yang membunuh 23 orang di Walmart pada tahun 2019 setuju untuk membayar lebih dari US$5 juta kepada para korban serangan rasisme.

Patrick dijatuhi 90 hukuman hidup berturut-turut bulan Juli lalu, setelah mengaku bersalah atas tuduhan kejahatan berbau kebencian, yang juga menjadi pembunuhan massal terburuk di Amerika Serikat.

Usianya 21 tahun saat ketika berkendara lebih dari 700 mil dari rumahnya dekat Dallas untuk menargetkan warga Hispanik sebagai korban tembakan dengan senapan jenis AK di dalam dan di luar toko Walmart.Komedian Russel Brand diselidiki polisi Inggris

Polisi di London tengah mengadakan penyelidikan terhadap Russell Brand, yang dituduh melakukan pelanggaran seksual.

Russel, 48 tahun, menjadi sasaran tuduhan pemerkosaan, penyerangan seksual, dan intimidasi dalam sebuah laporan investigasi media The Times, The Sunday Times, dan program Dispatches dari Channel 4 di Inggris awal bulan ini.

Tidak ada penangkapan hingga saat ini, sementara Russel membantah semua tuduhan.

Dalam sebuah pernyataan, polisi kota London mengatakan mereka telah menerima "sejumlah tuduhan pelanggaran seksual di London" dan wilayah lainnya di Inggris.Filipina gelar 'operasi khusus' di Laut Tiongkok Selatan

Filipina mengatakan pihaknya sudah melakukan "operasi khusus" untuk menghilangkan pembatas terapung yang dipasang Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Minggu lalu, Filipina membagikan foto-foto penghalang terapung yang menghalangi akses kapal penangkap ikan di Scarborough Shoal, dengan kapal Tiongkok berada di dekatnya.

"Pembatas ini menimbulkan bahaya bagi navigasi, dan jelas merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional. Hal ini juga menghambat aktivitas penangkapan ikan dan mata pencaharian para nelayan Filipina," demikian pernyataan pemerintah Filipina.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok tidak menyebutkan secara langsung soal penghalang terapung tersebut, namun membela tindakan kapal penjaga pantainya sebagai "tindakan yang diperlukan" setelah kapal Biro Perikanan Filipina "menyusup" ke kawasan perairannya.Kabar Bruce Willis dengan demensia yang dialaminya

Istri Bruce Willis untuk pertama kalinya berbicara kepada publik soal demensia suaminya, dengan mengatakan "sulit untuk mengetahui" apakah aktor Hollywood tersebut mengetahui kondisinya.

Emma Heming Willis muncul di program televisi Today milik NBC, untuk berbicara soal demensia frontotemporal (FTD).

Bruce, 68 tahun, didiagnosis menderita demensia pada bulan Februari, setahun setelah sebelumnya didiagnosis menderita afasia, sebuah kelainan yang menimbulkan kesulitan berbicara, membaca, dan menulis.

Ini cuplikan pernyataan Emma di televisi.

"Sulit bagi orang yang didiagnosis, juga sulit bagi keluarga," katanya.

"Dan hal itu tidak berbeda dengan Bruce, atau saya sendiri, atau anak perempuan kami. Mereka mengatakan ini adalah penyakit keluarga, dan memang benar adanya."

"Sebagai yang merawatnya, sangat penting untuk dapat mendapat bantuan dan dukungan.

"Penting bagi yang merawatnya untuk menjaga diri mereka sendiri sehingga mereka bisa memberikan perawatan terbaik bagi orang yang dirawatnya."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Indonesia Deportasi Ratusan Warga Tiongkok Pelaku Love Scam

Berita Terkait