Anda kembali membaca laporan Dunia Hari Ini edisi Selasa, 21 November 2023.

Laporan utama kami sajikan dari Gaza.

BACA JUGA: Dengarkan Kata Retno Marsudi soal Serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia, 3 WNI Hilang Kontak

Rumah Sakit Indonesia di Gaza dikepung tank Israel

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan "terkejut" ketika mengetahui bahwa Rumah Sakit Indonesia di Gaza diserang hingga menewaskan 12 orang Palestina, termasuk di antaranya pasien.

"Petugas kesehatan dan warga sipil seharusnya tidak menyaksikan atau mengalami kengerian seperti itu, terutama saat berada di dalam rumah sakit," kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus di platform media sosial X.

BACA JUGA: Israel Menyerang Rumah Sakit Indonesia, Warga yang Lari Ditembak, Kuburan Massal

Belum ada komentar langsung dari militer Israel mengenai situasi di rumah sakit tersebut, di mana para pejabat kesehatan mengatakan 700 pasien beserta stafnya berada di bawah serangan Israel.

"Kami mendapat informasi sebelumnya bahwa tank-tank mengepung Rumah Sakit Indonesia. Sayangnya … komunikasi di sana hampir terputus," kata Nahed Abu Taaema, direktur Rumah Sakit Nasser di kota Khan Younis, Gaza selatan, kepada Reuters.

BACA JUGA: Mesir Tolak Pengusiran Warga Palestina dari Gaza

"Kami sangat prihatin dengan nasib rekan-rekan kami dan nasib orang-orang yang terluka dan pasien serta orang-orang [terlantar] yang mungkin masih [berlindung] di sana. Tidak ada ambulans yang dapat menjangkau mereka, dan kami khawatir mereka yang terluka akan meninggal."Ratusan mafia Italia divonis

Pengadilan memvonis lebih dari 230 terdakwa dalam salah satu persidangan mafia terbesar di Italia yang menargetkan kelompok kejahatan 'Ndrangheta di pusatnya di wilayah selatan Calabria.

Lebih dari 330 tersangka mafia dan rekan mereka, termasuk mafia profesional kerah putih, telah menghadapi serangkaian dakwaan, seperti pemerasan, penyelundupan narkoba, dan pencurian, dalam persidangan yang berlangsung hampir tiga tahun.

Kantor berita Italia Ansa, menyebutkan hakim memerlukan waktu 1 jam 40 menit hanya untuk membacakan putusannya. Hukuman terberat dijatuhkan kepada Saverio Razionale dan Domenico Bonavota, dua pemimpin mafia lokal Calabria, keduanya dijatuhi hukuman 30 tahun penjara.

"Berlakunya putusan hari ini, berarti seluruh provinsi Calabria telah dibebaskan dari petinggi kelompok kriminal," ujar Nicola Gratteri, salah satu hakim paling terkenal di Italia dan mantan jaksa penuntut utama dalam kasus ini.

Beberapa tersangka yang dihukum adalah Giancarlo Pittelli, seorang pengacara dan mantan politisi partai Forza Italia – anggota koalisi penguasa nasional – yang dijatuhi hukuman 11 tahun penjara karena kolusi mafia dan menyebarkan informasi.Insiden pesawat ringan di Australia

Puing-puing pesawat ringan yang jatuh di teluk Port Phillip, Australia pada hari Minggu telah ditemukan.

Polisi negara bagian Victoria di Australia mengatakan sebagian besar badan pesawat yang membawa dua orang itu ditemukan di pantai lepas Mornington.

Polisi mengatakan mereka akan mengeluarkan puing-puing dari air sebelum menggeledah badan pesawat.

Diketahui bahwa pesawat tersebut mengangkut pilot Stephen Gale dan operator kamera James Rose ketika pesawat tersebut jatuh, setelah bertabrakan dengan pesawat lain.

Komisaris Utama Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) Angus Mitchell mengatakan kedua pesawat tersebut diyakini sedang melakukan syuting film promosi atau pemotretan sebelum tabrakan.Pembuat ChatGPT dipecat OpenAI

OpenAI menunjuk mantan bos Twitch Emmett Shear sebagai CEO sementara setelah memecat Sam Altman, pembuat ChatGPT.

Dalam surat yang ditujukan kepada perusahaan OpenAI, lebih dari 700 karyawan mengancam akan berhenti dan meminta agar Sam diangkat kembali menjadi CEO.

Ratusan karyawan tersebut juga menuntut pengunduran diri dewan OpenAI.

Sementara itu dalam perkembangan terbaru, Sam dilaporkan telah pindah untuk bekerja dengan Microsoft.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lagi, Israel Mengebom Sekolah di Palestina, Isinya Ribuan Warga Sipil

Berita Terkait